Bukan Angka! Inilah Aktivitas Matematika untuk Anak 2 - 4 Tahun

Hai, bunda! Sepertinya, kurang tepat mengeksplorasi angka pada anak usia 2-4 tahun. Lalu, Apa aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan matematika awal pada anak usia dini? Yap, bunda dapat melakukan aktivitas seperti mengenalkan warna, mengelompokkan benda, membandingkan ukuran benda, pengukuran, mengenalkan bentuk, bermain dengan pola gambar dan lain sebagainya.


Berikut contoh aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengembangan keterampilan matematika awal pada anak usia 2-4 tahun.


1. Geometri dan Spasial


Aktivitas yang dapat dilakukan adalah seperti mencocokan gambar 2D yang sama, mengenal nama bangun 2D (persegi, lingkaran, segitiga, bintang, persegi panjang, segilima), mengenali nama bangun 2D dengan proporsi ukuran yang berbeda, merangkai bangun 2D dengan stik es krim di atas kertas, mengenal bangun 3D, membuat bentuk baru dengan menggabungan beberapa bangun 3D, memasukkan bangun 3D pada lubang yang berbentuk 2D untuk mengenali sudut (angle) dari masing-masing bangun 3D, dan mengelompokkan bangun 3D yang memiliki ukuran berbeda. 

aktivitas matematika untuk anak 2-4 tahun

Tiap usia memiliki tahap pengenalan aktivitas yang berbeda. Bunda dapat mengawali dari langkah yang lebih mudah dari urutan aktivitas di atas.


2. Pola dan Urutan


Anak dapat dikenalkan dengan pola dan urutan, melakukan aktivitas mengulang 2 pola (warna, gambar, atau lego) dengan cara menempel atau membariskan mainan, memberi pola yang hilang dan anak dapat melengkapinya, melakukan pola yang lebih kompleks antara 3-5 pola.


3. Mengukur dan Membandingkan


Aktivitas seperti menunjukkan objek tersebut besar atau kecil dari kemampuan anak menelangkupkan kedua tangannya, menentukan dua objek yang lebih besar/ panjang/ berat, mengukur linkar apel dengan tali, menimbang berat benda dengan tuas sederhana, dan menyusun balok dengan tinggi yang sama.


4. Operasi Bilangan


Gambar yang menunjukkan jumlah lebih banyak atau lebih sedikit, menambahkan jumlah balok agar memiliki tinggi yang sama, melakukan penjumlahan atau pengurangan dengan apel atau lego.


5. Konsep Bilangan


Memahami konsep bilangan satu dan dua menggunakan bola warna atau menempel biji pada plastisin, mengenal nama bilangan satu dan dua untuk usia 2 tahun, merepresentasikan bilangan satu sampai lima dengan mainan blok/ apel, mengurutkan bilangan dengan jumlah paling sedikit ke paling banyak, mengenal bentuk angka dengan membuat bentuk plastisin di atas gambar angka, menempelkan bentuk angka secara berurutan, berhitung maju dan berhitung mundur.

Baca juga: 


Kesimpulan


Orang tua dapat menggunakan mainan sebagai media belajar anak sebagai langkah awal mengasah keterampilan matematikan anak pada usia 2-4 tahun. Kita dapat mencari berbagai aktivitas menarik sesuai usia anak, yaitu dengan belajar sambil bermain, hindari pengenalan angka pada usia dini. Kegiatan awal yang dapat dilakukan adalah mengenal warna, pola, urutan, bentuk, dan konsep bilangan 1-2.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel