2 Perbedaan Kegiatan Remedial & Pengayaan untuk Siswa

 

Kita sering mendengar istilah remedial dan pengayaan. Tetapi, apakah anda benar-benar memahami perbedaannya? Inti dari kegiatan remedial dan pengayaan adalah tunjuannya. Remedial diberikan pada siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi dan pengayaan diberikan pada siswa yang cepat dalam menguasai materi alias cerdas. Nah, kita akan bahas lebih lanjut perbedaan keduanya!

2 Perbedaan Kegiatan Remedial & Pengayaan untuk Siswa
source : pixabay

REMEDIAL

 

Remedial identik dengan kegiatan yang dilakukan saat siswa mendapat nilai di bawah standar minimal. Padahal, remedial itu mirip dengan kegiatan pembelajaran biasa. Hanya tujuan dan pendekatannya yang berbeda.

 

A. TUJUAN REMEDIAL

Remedial digunakan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi. Salah satu caranya, yaitu dengan melihat nilai siswa. Guru dapat melihat pencapaian belajar siswa dan menganalisis tiap butir soalnya. Misal, pada KD berapa-kah siswa mengalami kesulitan?

 

B. WAKTU REMEDIAL

Setelah analisis tersebut, guru menentukan pendekatan yang akan digunakan dengan melihat karakter belajar masing-masing siswa. Guru hendaknya menyediakan waktu tambahan untuk melakukan kegiatan remedial ini. Yaps, ini di luar jam kelas, dimana pendekatan yang digunakan bersifat individu atau kelompok.

 

Setelah penyebab kesulitan belajar ditemukan, guru merencanakan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Apakah siswa membutuhkan media, alat peraga, atau latihan soal? Tentu hanya KD atau materi bermasalah yang dipelajari, BUKAN semua KD.

 

PENGAYAAN

 

A. TUJUAN PENGAYAAN

Pengayaan diberikan pada siswa untuk memperdalam penguasaan materi dan mengembangkan potensinya secara maksimal. Berbagai jenis kegiatan pengayaan yang dapat diberikan adalah tutor teman sebaya, tugas portofolio, pengembangan media, permainan kompetisi, latihan soal, atau proyek.

 

B. WAKTU DAN ASPEK LAIN TERKAIT PENGAYAAN

Beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh guru dalam melakukan pengayaan adalah waktu, kondisi psikologis siswa, dan manfaat kegiatan yang diberikan.


Saat sekelompok siswa melakukan kegiatan remedial, siswa yang lain boleh melakukan kegiatan pengayaan. Jika siswa remedial sudah selesai, maka kegiatan pengayaan juga harus selesai.

 

Secara psikologis, siswa lebih menyukai kegiatan di luar kelas, menemukan sesuatu yang baru, dan tidak hanya diam di belakang meja.

 

Baca lainnya : Gratis! Sempoa Digital Serasa Main Game | Tutorial Lengkap


KESIMPULAN

 

Remedial adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam menguasai suatu materi, sedangkan pengayaan diberikan pada siswa yang cepat dalam mengusai materi. Itulah 2 perbedaan antara kegiatan remedial dan pengayaan siswa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel