Guru Cakep & Semangat Bikin Siswa Lebih Patuh! Berikut Penjelasannya

 

Setiap hari bertemu dengan siswa yang aktif adalah dilema tersendiri bagi guru. Mereka tampak begitu bersemangat dan menantang kesabaran. Anda boleh melakukan berbagai hal untuk mendisiplinkan kelas. Tetapi, tahukah kamu? Jika guru yang cakep dan semangat itu bikin siswa lebih patuh alias disiplin. Berikut penjelasannya.

 

FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEDISIPLINAN KELAS

 

Kepatuhan dan ketaatan siswa menentukan tingkat kedisiplinan kelas. Berikut beberapa faktor yang memengaruhi kedisiplinan kelas.

Guru Cakep & Semangat Bikin Siswa Lebih Patuh! Berikut Penjelasanya
Source : Pixabay


A. FAKTOR FISIK

 

Kondisi fisik kelas, siswa, dan guru adalah aspek yang erat kaitannya dengan proses belajar mengajar. Guru yang prima, berdandan rapi, dan semangat akan lebih mudah mengkondisikan siswa daripada guru yang lusuh dan lesu.

 

Saya akan berbagi sedikit pengalaman saya sebagai seorang guru. Siswa saya pernah berkata sehari sebelum hari guru “Bu, besuk ibu jangan pakai baju ini, ya! Jilbab ini juga!”. Kebetulan saya memang memakai seragam sesuai ketentuan sekolah. Kontroversi soal dandan ini memang beragam yang pada intinya “terlihatlah fresh dan nyaman untuk dilihat!”

 

Penataan tempat duduk, ukuran kelas, kondisi bangunan, media, dan kondisi fisik siswa juga turut memengaruhi tingkat kedisiplinan kelas.

 

B. FAKTOR SOSIAL

 

Guru dan siswa perlu memiliki hubungan yang sehat. Sikap saling percaya, bersahabat, berprasangka baik, menghormati, menghargai akan meningkatkan kedisiplinan siswa. Pada iklim yang seperti inilah, siswa akan tumbuh dan berkembang secara maksimal.

 

Jika hal di atas merupakan faktor internal, maka faktor eksternal siswa juga tidak kalah penting. Lingkungan keluarga yang hidup teratur dan siswa yang terbiasa bergaul akan menunjukkan kedisiplinan yang lebih.

 

Biasanya, siswa yang kurang bergaul akan merasa dirinya hebat sehingga sulit menerima aturan. Hal ini terjadi karena ia merasa kebebasannya telah dibatasi. Asumsi ini dapat anda butikan sendiri kebenarannya.

 

C. FAKTOR PSIKOLOGIS

 

Siswa yang masuk kelas dengan perasaan sedih, kecewa, marah, bosan, atau memiliki keinginan untuk dihargai akan memiliki kepatuhan yang berbeda dengan siswa yang gembira. Perasaan ini dapat dibawa dari rumah atau muncul di sekolah.

 

Baca juga : 


KESIMPULAN

 

Banyak faktor yang memengaruhi tingkat kepatuhan atau kedisiplinan siswa di kelas, yaitu faktor fisik, faktor sosial, dan faktor psikologis. Salah satu hal yang dapat diusahakan dengan mudah adalah penampilan fisik guru yang rapi, cakep, dan semangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel