Larutan Kunyit sebagai Indikator pH | Kolaborasi Seni & Sains

Percayalah eksperimen anak berikut sangat seru untuk dilakukan bersama. Bagaimana ekspresi mereka saat kertas kuning kunyit berubah menjadi merah saat terkena air sabun dan kembali menjadi kuning saat terkena air jeruk nipis? Yap, mereka terkejut dan terkesan. Eksperimen yang tidak pernah terpikirkan dapat dilakukan hanya dengan benda yang ada di dapur. Kunyit dapat digunakan sebagai indikator pH yang alami, dimana ia akan bereaksi saat terkena larutan asam atau basa.

 

EKSPERIMEN LARUTAN KUNYIT, KOLABORASI SENI DAN SAINS

 

Kunyit (Curcuma Domestica Val) adalah salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan bagian rimpangnya, baik untuk pewarna ataupun obat alami. Zat kurkumin yang terkandung di dalamnya dapat memberikan perubahan warna yang jelas dan cepat, sehingga ia dapat digunakan sebagai indikator pH alami.

 

Larutan kunyit akan berwarna merah saat dicampurkan dengan larutan basa dan berwarna kuning muda saat dicampurkan dengan larutan asam. Contoh larutan basa adalah air sabun dan larutan asam adalah air jeruk nipis.

 

CARA MELAKUKAN EKSPERIMEN

 

Alat dan bahan yang perlu disiapkan sederhana saja, yaitu: kunyit bubuk yang telah dilarutkan dengan air (larutan kental), air jeruk nipis, larutan deterjen, kertas gambar, dan kuas. Kita dapat mewarna kertas gambar dengan larutan kunyit yang kemudia dijemur hingga kering. Kemudian, kita dapat mengusapkan air deterjen dengan kuas membentuk pola gambar yang diinginkan. Jika hendak menghapus pola gambar, maka kita dapat menyapukan air jeruk nipis dan kertas akan kembali kuning.

 

Indikator pH alami yang dapat digunakan lainnya adalah bunga sepatu, kol ungu, kulit manggis, dan bunga telang. Berikut video eksperimen kunyit sebagai pH indikator.


KESIMPULAN


Kunyit adalah indikator pH alami yang paling mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Warna larutan kunyit yang kuning akan berubah merah, jika terkena larutan basa. Dan larutan kunyit akan berubah menjadi kuning muda, jika terkena larutan asam.

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel