Anak Kesulitan Membaca? 3 Langkah Mudah Tanpa Mengeja

 

Halo, bunda! Apakah bunda merasa pusing karena anak kesulitan membaca dengan mengeja? Sudah berusaha konsisten mengajari setiap hari, tetapi kurang ada perubahan yang signifikan? Berikut 3 langkah baru belajar membaca tanpa mengeja yang dapat bunda lakukan di rumah dan buku yang dapat digunakan.

 

Metode membaca begitu beragam untuk saat ini. Mulai dari metode eja, metode bunyi, metode suku kata, metode kata, atau metode global. Mungkin, bunda bisa memilih salah satunya. Namun, saya tertarik dengan suatu metode yang saya pernah ikut seminar-nya, yaitu “Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja (BMTM)”. Saya juga berdiskusi dengan rekan yang seorang guru bahwa metode ini cukup ampuh untuk anak yang mengalami kesulitan membaca. Bagaimana cara menerapkan metode tersebut?

 

1. AJARI MENGENAL BUNYI BUKAN ABJAD

 

Kita dapat mengajari anak untuk mengenal bunyi, bukan abjad. Contohnya bunyi huruf a, i, u, e, dan o. Langkahnya mirip saat kita mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak. Kita mulai dengan dua huruf saja dan dilakukan pengulangan.

 


2. AJARI ANAK BEBERAPA SUKU KATA YANG SERING DIGUNAKAN

 

Kita dapat mengenalkan bunyi suku kata yang sering digunakan sehari-hari. Suku kata yang jarang digunakan dapat dilewati terlebih dahulu, seperti fa za, qa, va, xa, dan za. Kita dapat mengawali dengan mengenalkan dua sampai tiga suku kata berulang dengan akhiran “a”. Sebaiknya, menghindari suku kata dengan akhiran huruf vokal lain.

 

3. AJARI MEMBACA KATA SEDERHANA

 

Kita dapat mencari kata sederhana yang terdiri dari dua sampai tiga suku kata saja. Contohnya adalah ba-ca/ na-ma/ ra-sa/ ka-la/ la-ma. Jika anda mencari rekomendasi buku, maka anda dapat melihat beberapa buku menarik salah satunya adalah buku “Belajar Membaca Tanpa Mengeja” oleh Intan Noviana. Bunda juga dapat menggunakan buku lain yang serupa. Berikut sekilas isi materi buku tersebut.

 

Buku Rujukan Belajar Membaca Tanpa Mengeja (BMTM)
Buku Rujukan Belajar Membaca Tanpa Mengeja (BMTM)

Baca juga: Alasan Anak Mudah Lupa Pelajaran padahal Pintar saat di Kelas!

KESIMPULAN

 

Kita dapat menggunakan metode tanpa mengeja ini dengan mengenalkan beberapa suku kata dengan vokal "a" terlebih dahulu dan melewati suku kata (huruf) yang jarang digunakan, seperti f, z, x, q, dan v.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel