7 Tips Belajar Fisika Efektif dari Pengalaman Sendiri Mulai Pelajar-Mahasiswa

 

<span>Photo by <a href="https://unsplash.com/@jerry_318?utm_source=unsplash&amp;utm_medium=referral&amp;utm_content=creditCopyText">Jerry Wang</a> on <a href="https://unsplash.com/?utm_source=unsplash&amp;utm_medium=referral&amp;utm_content=creditCopyText">Unsplash</a></span>
Unsplash: @jerry_318  

Apakah anda sedikit kesulitan dalam belajar fisika? Yah, saya juga sempat frustasi. Fisika tidak hanya soal berhitung, tetapi melibatkan penghayatan konsep yang nyata. Bagaimana tips belajar fisika yang mudah? Berikut 7 tips belajar fisika berdasarkan pengalaman saya sebagai pelajar sampai menjadi mahasiswa.

 

Baca lainnya : 

Pengalaman Mengajar di Negara Tetangga ǀ Negeri Jiran Malaysia

Mata Kuliah Pendidikan Fisika & Prospek Ke Depannya

 

BUKU BACAAN FISIKA YANG TEPAT

 

Sampai detik ini, saya sering menemukan buku pelajaran fisika yang melakukan beberapa kesalahan, baik dari segi konsep atau pengetikan biasa. Contohnya buku X, ia menggambarkan tekanan dengan arah panah. Bukankah tekanan adalah skalar dan gaya atau kecepatan yang seharusnya diberi panah?

 

Beberapa soal kurang lengkap dan salah ketik. Padahal, buku tersebut sudah edisi kesekian kali dan seperti tidak ada revisi dari edisi sebelumnya. Ada juga pengajar yang memberikan tugas mengerjakan soal ini tanpa meralatnya atau sekedar meluruskan maksud soal tersebut.

 

Penjelasan isi buku juga perlu diperhatikan. Misalnya, pada penjelasan penulis menggunakan istilah medan magnet, sedangkan pada soal menggunakan istilah induksi magnet, atau di penjelasan disebutkan momen gaya, sedangkan pada soal digunakan istilah torsi. Penggunaan istilah yang singkron dan konsisten itu diperlukan.

 

Berikut rekomendasi buku fisika yang lengkap dan hampir tidak ada salah ketik di dalamnya 10 Referensi Buku atau E-Book Fisika Dasar Terbaik untuk Pelajar

 

Jika ingin belajar fisika yang benar, maka anda pasti akan menemukan buku dengan halaman yang cukup tebal. Apakah itu mengintimidasi anda? Anda dapat mencari alternatif lain, seperti buku belajar digital atau konten edukasi via internet. Situs Belajar Fisika dengan Konsep Mendalam yang Mudah & Menyenangkan

 

BERANI MENILAI DIRI SENDIRI

 

Tidak jarang kita masih malu menilai diri sendiri. Apakah saya kategori orang cerdas atau orang rajin? Apakah kelemahan saya dalam belajar? Kita perlu mengevaluasi diri dan melakukan pengakuan. Misal, anda lemah dalam visualisasi maka anda perlu video untuk menunjang pemahaman anda.

 

Dalam belajar fisika, anda perlu memvisualisasikan gambar, cermat membaca, menganalisis masalah, dan cakap berhitung. Manakah yang lemah? Apa fasilitas yang perlu anda sediakan?

 

MEMISAHKAN BUKU DAN MENCATAT DI KELAS

 

Saat saya belajar, saya sering menggunakan buku binder untuk belajar. Akibatnya, catatan itu bercampur dengan coretan unfaedah saya walau saya sudah berusaha menyendirikannya. Hal yang dapat saya lakukan setelahnya adalah membeli buku tulis khusus fisika untuk mencatat di kelas.

 

Tidak perlu perdulikan bentuk tulisan anda. Tentu, menulis dengan cepat itu efisien tetapi kurang sedap dipandang tetapi pastikan bisa dibaca. Tulisan anda tidak perlu bagus, asal lengkap. Jika anda mau menulis dengan rapi, maka di rumah bersama binder kesayangan adalah pilihan yang tepat.

 

BELAJAR 2 JAM ADALAH HASIL BELAJAR 10 JAM

 

Salah satu dosen saya mengatakan “saya belajar fisika hanya 2-3 jam saja”. Semua tertegun atas pernyataan beliau. Belum sempat kami menanggapi, beliau melanjutkan ucapannya “tentu tidak instan. Saya dapat belajar 2-3 jam, juga adalah hasil dari belajar 9-10 jam”.

 

Saat konsep materi satu anda sudah kuat, anda akan mudah mempelajari konsep materi dua. Misal, saya sudah memahami konsep materi hukum gravitasi Newton dengan baik, sehingga mudah bagi saya menganalogikan konsep materi ini ke materi listrik statis.

 

MENGGUNAKAN METODE BELAJAR FEYNMAN

 

Anda dapat menggunakan metode belajar apapun yang anda rasa cocok. Salah satu metode belajar yang dapat anda terapkan adalah metode belajar Feynman.

 

Setelah anda selesai belajar suatu materi, anda dapat mengulangnya dengan cara mengajarkannya. Jika anda tidak dapat menjelaskan materi tersebut dengan cara sederhana, maka anda belum memahami materi tersebut sepenuhnya. Singkatnya, anda harus dapat menjelaskan materi tersebut ke anak usia 6 tahun dengan mudah.

 

SEDIKIT MEMILIKI WAWASAN BAHASA INGGRIS DALAM FISIKA

 

Kita tahu bahwa bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional resmi PBB. Hal ini menjadikan banyaknya literasi belajar dan jurnal dari seluruh penjuru dunia menggunakan bahasa Inggris, termasuk literasi belajar digital.

 

Pada suatu ketika saya kebingungan mencari visualisasi gambar listrik DC, saya mencari animasi dengan kata kunci bahasa Indonesia tidak ada. Hal yang dapat saya lakukan adalah mengetikkan kata kunci menggunakan bahasa Inggris dan berhasil.

 

Beberapa pembahasan tentang konsep fisika juga banyak menjadi forum diskusi di situs berbahasa Inggris. Apakah ada koefisien elastisitas lebih dari satu? Lagi-lagi saya mencari menggunakan kata kunci bahasa Inggris.

 

KECAKAPAN MENGANALISIS MASALAH DAN MEMAHAMI KONSEP

 

Mengerjakan soal fisika tanpa tahu konsep dan maksud soal adalah hal yang cukup fatal. Ditambah beberapa soal tidak memberikan gambaran yang lengkap sehingga hanya mengandalkan naluri tebak-tebakan si pembaca.

 

Saat membaca soal fisika, anda harus dapat menggambarkan maksud dari soal tersebut. Jika anda membutuhkan gambar, maka anda dapat melakukannya. Anda juga dapat menceritakan maksud soal dengan bahasa anda sendiri dan mengidentifikasi besaran yang ditanyakan.

 

KESIMPULAN

 

Ilmu dihargai karena perlu waktu, perjuangan, dan biaya untuk mendapatkannya. Semua ilmu tetap memerlukan memori otak untuk menghafal termasuk fisika. Anda perlu belajar lebih lama, buku bacaan yang tepat, metode belajar, tidak malu menilai diri sendiri, mencatat dan menyalin ulang, sedikit menguasai istilah bahasa inggris, dan mampu mengorganisir catatan anda. Itulah, 7 tips belajar fisika dengan mudah untuk pelajar dan mahasiwa versi aisyahnestria.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel