Mata Kuliah Pendidikan Fisika & Prospek Ke Depannya

Mata Kuliah Pendidikan Fisika & Prospek Ke Depannya


Apa itu program studi pendidikan fisika? Pendidikan fisika adalah salah satu program studi jurusan fisika yang fokus dalam bidang pendidikan siswa sekolah menegah. Pada program studi (prodi) pendidikan fisika, kita tidak hanya mempelajari tentang materi fisika dasar seperti di sekolah menengah. Nah, apa mata kuliah dan prospek ke depan prodi ini?


Setiap universitas memiliki kebijakan tersendiri tentang muatan mata kuliah yang harus diampu oleh mahasiswanya. Beberapa mata kuliah disusun sesuai urutan dan digunakan sebagai syarat untuk menempuh mata kuliah berikutnya. Biasanya seluruh informasi terkait akademik akan disampaikan pada masa orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek).


Beberapa mahasiswa dibuat kaget karena ternyata mata kuliah yang harus dijalani tidak hanya membahas konsep fisika dasar saja tetapi juga menyinggung konsep fisika yang lebih kompleks seperti fisika modern, fisika terapan, fisika inti, algoritma dan pemrograman. Tetapi, hal ini hanya akan sebatas teori atau pembelajaran di kelas.


Berbeda halnya dengan fisika murni yang memang akan difokuskan lagi di semester enam ke dalam beberapa kelompok bidang keahlian (KBK) seperti material, elins, kebumian, teori dan komputasi, atau astronomi. Sedangkan, KBK pendidikan fisika adalah assesmen, media pembelajaran, atau pengembangan dan pembelajaran.

MATA KULIAH DI PRODI PENDIDIKAN FISIKA


Berikut mata kuliah prodi pendidikan fisika dapat dilihat pada tabel 1.1.

Tabel 1.1. Daftar mata kuliah program studi pendidikan fisika
No.
Nama Mata Kuliah
1.
Dasar-dasar sains
English for physics
2.
Fisika dasar 1, 2, 3
Materi & pembelajaran fisika 1, 2
3.
Praktikum fisika dasar 1, 2, 3
Statistika kependidikan
4.
Fisika matematika 1, 2
Assesmen formatif
5.
Mekanika
Teaching physics in english
6.
Termodinamika
Penelitian tindakan kelas
7.
Getaran dan gelombang
Pengantar pendidikan
8.
Optika
Perkembangan peserta didik
9.
Praktikum gelombang dan optic
Belajar dan pembelajaran
10.
Elektromagnetika
Fisika inti
11.
Praktikum elektromagnetika
Kemampuan dasar mengajar
12.
Fisika modern
Media pembelajaran fisika 1, 2
13.
Praktikum fisika modern
Strategi pembelajaran fisika
14.
Elektronika dasar 1, 2
Penilaian pendidika fisika
15.
Praktikum elektronika
Pengembangan program pembelajaran fisika
16.
Algoritma dan pemrograman
Metodologi penelitian pendidikan
17.
Fisika kuantum
Manajemen laboratorium
18.
Astronomi
Pengembangan model pembelajaran fisika
19.
Fisika terapan
Etika profesi


Mata kuliah di atas belum termasuk mata kuliah wajib diluar fisika seperti, pancasila, agama, kimia, biologi, atau matematika. Beberapa mata kuliah pilihan lain dan agenda wajib mahasiswa seperti, KKN, KPL, seminar proposal, dan skripsi.


Setiap mata kuliah memiliki bobot yang berbeda. Hal ini ditentukan dalam satuan kredit semester (SKS). Contohnya SKS fisika dasar 1 adalah 4 SKS, sedangkan praktikum fisika dasar satu adalah 1 SKS. Bobot nilai A untuk 4 SKS akan lebih besar daripada bobot nilai A yang 1 SKS.


Biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan nilai mata kuliah yang kurang memuaskan juga bergantung pada jumlah SKS-nya. Perbaikan nilai ini biasanya dilakukan pada masa semester pendek atau masa libur panjang antara semester genap dan ganjil.


PROSPEK PRODI PENDIDIKAN FISIKA



Sesuai dengan bidang keahliannya, prodi pendidikan fisika akan menyasar pada dunia pendidikan siswa tingkat menengah, baik menengah pertama, menengah akhir, atau tingkat universitas (dosen).


Selain itu, peluang lain yang dapat digeluti adalah ikut dalam satuan penyusun soal, penulis buku, laboran, bimbingan belajar online berlangganan atau offline, relawan pendidikan, konselor pendidikan, pembuat konten, atau media pembelajaran.


Kesimpulannya adalah matakuliah pendidikan fisika tidak hanya seputar materi tingkat sekolah menengah dan prospek program studi ini cukup beragam tidak hanya tentang menjadi seorang pendidik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel