10 Referensi Buku atau E-Book Fisika Dasar Terbaik untuk Pelajar



Referensi buku bacaan atau e-book yang valid adalah hal penting bagi pelajar. Pelajar perlu memiliki pengetahuan yang lengkap dan utuh dalam memahami sebuah konsep materi pelajaran. Pola informasi yang semakin kompleks akan mendorong pelajar lebih memaknai arti dari belajar dan seni dari ilmu pengetahuan. Pelajar yang membaca buku-buku yang berkualitas akan meningkatkan kualitas pengetahuan pelajar.


Fisika adalah salah satu bidang ilmu yang membutuhkan sumber bacaan yang valid. Buku fisika harus mengupas tuntas konsep-konsep dasar fisika agar pelajar memiliki pondasi ilmu yang baik. Tak ayal, pelajar akan menemukan buku-buku dengan ketebalan yang tidak tanggung-tanggung. Tetapi hal ini sepadan karena buku tersebut mengupas dengan baik ilmu fisika dasar. Bahasa yang digunakan juga mudah dicerna.


Banyak buku fisika yang menawarkan solusi cepat belajar fisika. Ini adalah salah satu hal yang perlu digaris bawahi. Pelajar hanya akan tau garis besar dari fisika tetapi tidak memahami konsepnya secara menyeluruh. Pelajar yang berpikir kritis tentu akan memiliki segudang pertanyaan tentang fenomena alam sekitar yang ia tidak tidak bisa jelaskan karena konsep yang kurang.


Beberapa buku fisika bahkan masih menyajikan konten atau bahasan yang miskonsepsi dan kurang lengkap. Contoh buku tersebut hanya menulis percepatan negatif memiliki arti diperlambat padahal tidak selamanya diperlambat. Percepatan negatipada kecepatan negatif dapat bermakna dipercepat karena memiliki arah yang sama.


Sebagai mahasiswa atau pelajar yang memiliki tekad untuk belajar fisika secara serius memerlukan sumber bacaan yang valid. Buku tebal bukan lagi menjadi alasan siswa malas membawa buku atau malas membaca buku. Buku dalam bentuk elektronik sudah mudah diakses di internet. Beberapa masih berbahasa Inggris dan beberapa sudah memiliki terjemahan dalam bahasa Indonesia.


Berikut buku rekomendasi terbaik untuk belajar fisika.
  1. David Halliday, Robert Resnick, Jearl Walker Fundamentals of Physics Extended 10th Edition.
  2. Hugh D. Young, Roger A. Freedman Sears and Zemanskys University Physics with Modern Physics
  3. Serway, Raymond A., & Jewett, John W. Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, 9th Edition
  4. Raymond A. Serway, Chris Vuille-College Physics-Brooks Cole (2017)
  5. Randall D. Knight Physics for Scientists and Engineers A Strategic Approach with Modern Physics
  6. John D. Cutnell, Kenneth W. Johnson Physics
  7. Alan Giambattista, Betty McCarthy Richardson, Robert C. Richardson Physics Second Edition
  8. James E. Ackroyd, Mark Anderson, Carmen Berg, Brian E. Martin Pearson Physics – Student Edition 2009
  9. Paul A. Tipler, Gene Mosca Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics extended version
  10. Peter J. Nolan Fundamentals of College Physics, Vol. 1, 5th Updated Edition


Baca juga : 
Buku di atas adalah referensi buku fisika dasar terbaik untuk pelajar dan mudah didownload di internet. Jika anda termasuk orang yang senang membaca dari buku langsung maka buku “Serway, Raymond A., & Jewett, John W. Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics” telah banyak dipasaran dan telah diterjemahkan. Anda bebas memilih edisi dari masing-masing buku tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel