4 Alasan Bahasa Inggris Penting dalam Belajar Fisika


Fisika adalah salah satu cabang ilmu yang menuntut sedikitnya seseorang dapat menggunakan bahasa Inggris. Hal ini bukan tanpa alasan. Pada praktiknya, bahasa Inggris digunakan sebagai penunjang pelajar dalam memahami fisika. Berikut 4 alasan bahasa Inggris penting dalam fisika.


1. SUMBER REFERENSI


Beberapa dosen fisika sering menganjurkan beberapa mahasiswa untuk belajar bahasa Inggris agar mudah dalam belajar fisika. Kenapa bahasa Inggris penting dalam fisika? Setidaknya, terdapat puluhan buku fisika dengan penjelasan yang detail ditulis dengan bahasa tersebut. Tentu untuk memahami isi buku tersebut, seseorang perlu mengerti bahasa Inggris dan istilah fisika dalam bahasa Inggris.

2. BAHASA RESMI PBB


Bahasa Inggris juga merupakan salah satu bahasa resmi PBB dari lima bahasa yang ada. Bahasa tersebut diantaranya adalah bahasa Inggris, Arab, Tiongkok, Perancis, dan Rusia. Hal ini berdampak pada bahasa yang digunakan dalam publikasi jurnal internasional yang bereputasi atau jurnal internasional biasa. Jurnal-jurnal inilah yang sering dijadikan rujukan dalam kepenulisan karya ilmiah.

3. KARYA ILMIAH & SEMINAR


Karya ilmiah mahasiswa yang hendak dipresentasikan pada ajang seminar internasional tidak sedikit juga menggunakan bahasa Inggris. Mahasiswa yang hendak memiliki pengetahuan fisika secara global perlu banyak mengerti bahasa Inggris. Selain itu, pusat penelitian dan ilmuwan fisika sebagian besar juga berada di negara-negara Eropa.

4. BEASISWA


Mahasiswa fisika yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik akan memberikan peluang yang besar untuk lanjut studi di luar negeri. Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa kini bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang paling sering digunakan dalam komunikasi antar negara.


Baca juga :
Pemerintah Indonesia bahkan menawarkan banyak beasiswa studi lanjut untuk mahasiswa dengan syarat TOEFL dan TOEIC yang tinggi. Beberapa instansi pemerintah dan perusahaan juga menginginkan lulusan fisika yang memiliki bahasa Inggris yang mumpuni. Itulah alasan pentingnya bahasa Inggris dalam mempelajari fisika.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel