14 Rekomendasi Situs Jurnal Internasional Gratis dan Berlangganan



Menulis karya ilmiah tingkat mahasiswa atau bahkan pelajar perlu kaya akan referensi. Salah satu referensi yang menjadi nilai lebih adalah jurnal internasional. Karya ilmiah dengan referensi jurnal internasional menunjukkan kualitas dari karya ilmiah tersebut. Hal ini sebagai tanda bahwa penulis membaca sumber referensi dari ahli yang memang berkompeten di bidangnya. Berbagai situs disediakan, baik gratis atau berlangganan.


Jurnal internasional sendiri merupakan jurnal dengan kriteria yang ketat. Jurnal internasional ditulis dengan kaidah ilmiah dan etika keilmuan, ber-ISSN, ditulis dengan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol, dan Tiongkok), penulis dalam satu nomor terbitan terdri dari paling sedikit dua negara, dewan redaksinya paling sedikit berasal dari empat negara, dan terindeks oleh databse international seperti Web of Science, Scopus, dan Microsoft Academic Search.


Jurnal internasional yang lebih tinggi lagi adalah jurnal internasional yang bereputasi. Jurnal ini memiliki kriteria tambahan yaitu, mempunyai faktor dampak dari ISI Web of Science (Thomson Reuters) atau Scimago Journal Rank (SJR) yang mempunyai urutan tertinggi dalam penilaian karya ilmiah.


Jurnal-jurnal inernasional ini juga dapat diakses secara online. Beberapa kampus akan berlangganan pada situs tertentu agar dapat mendowload dan membaca jurnal-jurnal tersebut. Terbitnya jurnal internasional merupakan agenda wajib akademik guru-guru besar di berbagai universitas termasuk di Indonesia.


Tak jarang terdapat beberapa situs memuat jurnal-jurnal internasional yang tidak kredibel atau abal-abal. Jurnal-jurnal tersebut tampak memiliki ISSN, ditulis dengan bahasa resmi, dan penulisnya juga terdiri dari beberapa negara. Jurnal –jurnal ini terpublikasi tanpa melewati proses peer-preview. Saat karya ilmiah tersebut terbit melalui lembaga ini dan terpublikasi maka sudah pasti tidak kredibel.


Berikut beberapa daftar situs jurnal internasional kredibel yang dapat diakses sebagai bahan referensi.

  1. Nature
  2. Jstor
  3. Summon Serials Solutions
  4. Oxford Journals
  5. Sage Journals
  6. Emerald Insight
  7. Wiley Online Library
  8. Taylor and Francis Online (berlangganan)
  9. Gale (berlangganan)
  10. EBSCO (berlangganan)
  11. Ovid (berlangganan)
  12. ProQuest (berlangganan)
  13. Cambridge Journal (berlangganan)
  14. Spingers (berlangganan)




Daftar di atas adalah beberapa daftar situs jurnal internasional kredibel yang dapat diakses sebagai bahan referensi tulisan karya ilmiah anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel