Pengertian Kinematika dan Penjelasan Pengantar Gerak


Bahasan kali ini adalah tentang kinematika. Kinematika atau geometri gerak adalah cabang dari mekanika klasik yang membahas gerakan benda dan sistem benda dengan mengabaikan faktor yang mempengaruhi benda itu bergerak. Pada kinematika, seseorang hanya fokus pada gerak benda dan tidak memikirkan bagaimana benda tersebut dapat bergerak.

GERAK PADA FISIKA


Gerak pada fisika sendiri dibagi menjadi tiga yaitu, translasi (translation), rotasi (rotation), dan vibrasi/ osilasi/ gerak periodik (vibration/ oscillation/ periodic motion). Beberapa gerak pada fenomena alam merupakan gabungan atau kombinasi dari gerak ini. Sulit menemukan fenomena dengan satu jenis gerak saja. 


Contohnya ban pada mobil, dia berputar dan berjalan. Kombinasi rotasi dan transalasi. Tetapi jika melihat badan mobilnya saja dia seolah translasi tetapi saat ditikungan dia juga berotasi sedikit.


Gerak translasi adalah gerak benda dimana benda tersebut bergeser dari satu titik ke titik yang lain tanpa perubahan orientasi relatif (arah tanpa acuan). Arah acuan atau panah pada gerak transalasi tidak bisa bergeser sedikitpun. Contoh gerak translasi adalah peluru yang ditembakkan, gerak meja atau kardus yang didorong (abaikan gaya).


Gerak rotasi adalah gerak benda sepanjang keliling lingkaran atau rotasi sepanjang lintasan melingkar. Gerak melingkar tidak harus berputar penuh. Gerak ini dapat memutar sedikit atau memutari suatu poros. 


Contoh anda memutar sedikit bakso yang ditusuk lidi karena saosnya hendak jatuh. Atau anda memutar tali sebuah gantungan kunci. Pada kasus pertama lidi sebagai poros dan kasus kedua tangan sebagai poros.


Gerak vibrasi atau osilasi atau gerak periodik adalah gerak benda teratur dari satu posisi ke posisi lain yang kemudian kembali ke posisi asli. Gerak ini bersifat bolak-balik. Gerak melingkar bisa termasuk gerak vibrasi jika ia bolak balik dan tidak kontinu. Contoh anda memutar tali gantungan kunci sedikit kemudian dia kembali dan berayun, jadi dia tidak lanjut berputar-putar.



LINGKUP KINEMATIKA



Pada kinematika dibahas tentang semua jenis gerak, baik gerak satu dimensi atau gerak dua dimensi. Gerak satu dimensi adalah gerak benda sepanjang garis lurus yang terjadi pada satu arah atau sumbu. 


Contoh gerak satu dimensi adalah gerak lurus beraturan (straight line motion with constant velocity) , gerak lurus berubah beraturan (straight line motion with constant acceleration), gerak vertikal ke atas (vertical upward motion), dan gerak jatuh bebas (vertical motion under gravity)


Selain itu, terdapat gerak dua dimensi. Gerak dua dimensi adalah gerak benda yang terjadi pada dua arah atau sumbu. Contoh gerak dua dimensi adalah gerak parabola (projectile motion), gerak melingkar beraturan (uniform circular motion), dan gerak melingkar berubah beraturan (non-uniform circular motion).


Baca selanjutnya : 



Kesimpulannya kinematika mengabaikan faktor penyebab benda tersebut dapat bergerak dan fokus pada gerak yang dihasilkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel