Gerak Dua Dimensi ǀ Vektor Posisi, Kecepatan, Percepatan, dan Simbolnya



Kita telah mendapati beberapa besaran seperti kecepatan (v), percepatan (a), kelajuan, jarak tempuh (s), dan perpindahan posisi (x). Besaran pada gerak satu dimensi memiliki nilai yang lebih sering ditulis dengan angka yang jelas. Tetapi hal ini akan membutuhkan sedikit penyesuaian pada gerak dua dimensi, yaitu dengan memberi keterangan arah pada nilainya terhadap sumbu koordinat.


Gerak dua dimensi adalah gerak benda pada suatu lintasan tertentu yang mengalami perubahan nilai pada dua sumbu. Benda bergerak pada lintasan yang tidak lurus sehingga ia mengalami perubahan secara horisontal dan vertikal. Benda memiliki perpindahan terhadap sumbu x dan y.


Kita akan mengenal vektor posisi (r). Lihat gambar 1.1. kita memiliki vektor posisi rf dan ri dan Δr adalah selisih atau perpindahan dari vektor posisi akhir dikurangi vektor posisi awal. Ciri dari vektor posisi biasanya diikuti dengan keterangan vektor satuan yaitu i topi dan j topi. Kita tidak perlu bingung dengan indeks (subskrip) dan vektor satuan yang semerawut. Mereka hanyalah keterangan penjelas agar kita tidak salah paham.

Vektor Posisi (r), Turunan Vektor Posisi (r) = Vektor Kecepatan (v), Turunan Vektor Kecepatan (v) = Vektor Percepatan (a)
Gambar 1.1. Vektor Posisi (r), Turunan Vektor Posisi (r) = Vektor Kecepatan (v), Turunan Vektor Kecepatan (v) = Vektor Percepatan (a)
- klik gambar untuk melihat lebih baik -

Ingat! Huruf tebal, huruf diberi tanda mutlak, huruf dengan tanda panah ke kanan di atas adalah variasi penulisan sebuah vektor. Sedangkan, huruf dengan garis di atas menyatakan rata-rata besaran tersebut. Indeks (subskrip) “f” artinya akhir (final) dan indeks “i” artinya awal (initial)


i topi dan j topi adalah vektor satuan yang memberi keterangan pada kita bahwa persamaan yang berada dekat i topi adalah milik sumbu x dan persamaan yang berada dekat dengan j topi adalah milik sumbu y. Beberapa orang menggunakan variasi lain yaitu x topi dan y topi.


Baca juga :
Perbedaan Penulisan Persamaan Fisika (Subskrip, Superskrip, & Simbol)


Kesimpulannya adalah turunan dari vektor posisi adalah vektor kecepatan dan dua kali turunan vektor posisi (turunan vektor kecepatan) adalah vektor percepatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel