Standar Panjang, Massa dan Waktu ǀ Awal Mula Jeda Detik, Kilogram, dan Meter



Beberapa orang akan merasa penasaran tentang awal mula ditemukannya satuan meter, detik, dan kilogram yang sekrang menjadi standar panjang, massa, dan waktu. Mengapa jarak meter harus sekian panjangnya? Mengapa jeda pada detik harus sekian? Dan mengapa massa untuk kilogram harus sekian? Awal mula satuan meter, kilogram, dan detik ditetapkan sebagai satuan yang baku di seluruh dunia.


Semua berawal pada dibentuknya Systeme International. Systeme International (SI) adalah satuan yang ditetapkan oleh komite internasional untuk menyusun standar besaran dasar ilmu pengetahuan pada tahun 1960.

PANJANG


Pada tahun 1120, raja Inggris menggunakan standar satuan yard yaitu jarak ujung hidung hingga ujung lengan raja. Hal serupa terjadi di Perancis, Raja Louis XIV menggunakan standar kaki (foot).


Barulah pada tahun 1799, standar panjang di Perancis berubah menjadi meter.


  1. Mulanya meter didefinisikan sebagai sepersepuluh juta jarak khatulistiwa ke Kutub Utara sepanjang garis bujur yang melalui Paris.
  2. Pada tahun 1960, definisi panjang meter berubah menjadi jarak antara dua garis pada suatu batang khusus terbuat dari platinum-iridium yang disimpan dalam kondisi tertentu di Perancis.
  3. Pada tahun 1960-an dan 1970-an, meter didefinisikan sebagai 1 650 763,73 kali panjang gelombang sinar merah-oranye yang dipancarkan oleh lampu krypton 86.
  4. Pada tahun 1983, meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299 792 458 detik. Akibatnya, dari definisi terakhir ini ditetapkan bahwa kelajuan cahaya dalam ruang hampa adalah 299 792 458 meter per detik.

MASSA


Satuan massa, kilogram (kg) di definisikan sebagai massa silinder logam khusus campuran platinum-iridium yang disimpan di International Bureau of Weights and Measures di Serves Prancis. Standar massa diteteapkan pada tahun 1887 dan tidak pernah diubah karena platinum-iridium merupakan logam campuran yang stabil.

WAKTU


Sebelum tahun 1960, standar waktu didefinisikan dalam rata-rata hari matahari pada tahun 1990. Pada tahun 1967, satuan detik didefinisikan ulang dengan memanfaatkan ketepatan tinggi dari peralatan yang dinamakan jam atomik yang menggunakan karakteristik frekuensi atom cesium-133 sebagai “jam referensi”. Detik saat ini didefinisikan sebagai 9 192 631 770 kali periode getaran radiasi dari atom cesium.


Baca juga :



Itulah awal mula standar panjang, massa, dan waktu disahkan dan awal mula jeda detik, kilogram, dan meter ditemukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel