Besaran Pokok dan Besaran Turunan ǀ Pengertian, Contoh, Dimensi, dan Tabel


Besaran pada fisika dibagi menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Berikut pengertian, contoh, dimensi, dan daftar tabel besaran-besaran tersebut.



BESARAN POKOK



Besaran pokok atau fundamental quantities adalah besaran yang satuannya telah ditentukan (ditetapkan) terlebih dahulu. Berikut tabel dari besaran pokok pada tabel 1.1.

Tabel 1.1. Besaran Pokok
No.
Besaran Pokok
Simbol
Dimensi
Satuan
1.
Panjang  / Length
p
[L]
Meter (m)
2.
Massa / Mass
m
[M]
Kilogram (kg)
3.
Waktu / Time
t
[T]
Sekon (s)
4.
Suhu / Temperature
T
[]
Kelvin (K)
5.
Kuat arus listrik / Electric Current
I
[I]
Ampere (A)
6.
Intensitas cahaya / Luminous Intensity
I
[J]
Candela (cd)
7.
Jumlah zat / Amount of Substance
n
[N]
Mol (mol)



BESARAN TURUNAN



Besaran turunan atau derived quantities adalah besaran yang diturunkan dari satu atau beberapa besaran pokok. Berikut tabel dari besaran turunan pada tabel 1.2.

Tabel 1.2. Besaran Turunan
No.
Besaran Turunan
Simbol
Dimensi
Satuan
1.
Massa Jenis  / Density

[M] [L]-3
kg.m-3 atau kg/m3
2.
Gaya / Force
F
[M] [L] [T]-2
kg.m.s-2 atau Newton
3.
Usaha / Work
W
[M] [L]2 [T]-2
kg.m2.s-2 atau Joule
4.
Tekanan / Pressure
P
[M] [L]-1 [T]-2
kg.m-1.s-2 atau N/m2 atau Pascal
5.
Daya / Power
P
[M] [L]2 [T]-3
kg.m2.s-3 atau watt
6.
Momentum / Momentum
P
[M] [L] [T]-1
kg.m.s-1 atau kg.m/s
dst




Masing-masing besaran memiliki nama, bahasa inggris, simbol penulisan, simbol dimensi, satuan versi dimensi, dan satuan berdasarkan kesepakatan.
Besaran Gaya memiliki simbol penulisan “F” yang terkadang sama dengan istilah inggrisnya tetapi hal ini tidak selalu terjadi karena bergantung pada kesepakatan. Gaya juga memilki dua versi satuan yaitu, satuan yang diperoleh dari hasil analisis dimensi (kg.m.s-2dan satuan Newton.



Sir Isaac Newton yang namanya diabadikan sebagai satuan gaya yaitu Newton (N) yang pada dasarnya nilai dari 1 N = 1  kg.m.s-2. Jadi, saat seseorang melakukan perhitungan analisis dimensi yang berujung pada satuan akhir kg.m.s-2 maka dapat diubah kemudian menjadi Newton dan seseorang dapat tahu bahwa itu adalah besaran gaya.




ANALISIS DIMENSIONAL




Dimensi melambangkan sifat fisika suatu besaran. Jarak yang diukur dalam satuan kaki, meter, atau depa tetap merupakan jarak. Dimensinya adalah panjang. Dimensi dapat dianggap sebagai besaran aljabar. Analasis dimensional dapat membantu untuk menentukan ketepatan suatu pernyataan. Suatu hubungan dianggap benar hanya jika dimensi pada kedua sisi persamaannya adalah sama.



KESIMPULAN


Kesimpulannya adalah besaran turunan diperoleh dari besaran pokok, pehitungan antar besaran pokok, atau besarannya turunan itu sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel