Tips Lengkap! Aturan & Sifat Bayangan Cermin Cekung-Cembung

 

Apakah anda ingin mencari catatan lengkap terkait sifat bayangan pada lensa dan cermin tiap ruang? Catatan akan ditulis secara terpisah karena terlalu panjang, dimana link dapat anda temukan dalam artikel. Berikut catatan lengkap terkait aturan, sifat bayangan, istilah, penentuan titik jauh dan titik dekat yang dapat anda pelajari. 

 Virtual laboratorium cermin cekung-cembung dan lensa cekung-cembung

Copy link: https://simbucket.com/lensesandmirrors/ 

CERMIN CEKUNG (CONCAVE MIRROR)

 

Cermin cekung disebut juga dengan cermin konvergen yang artinya mengumpulkan sinar. Hal ini terjadi karena sinar yang datang akan dikumpulkan pada satu titik di depan cermin cekung (titik fokus/ titik api). Cermin cekung memiliki nilai fokus yang positif karena ia bersifat mengumpulkan sinar. Itulah sebabnya cermin cekung disebut cermin positif.


aturan ruang cermin cekung (konvergen)

Tabel 1.1. Sifat Bayangan Cermin Cekung

Benda

Bayangan

Sifat Bayangan

1

4

Maya, tegak, diperbesar        

Fokus

Tak terhingga

Nyata, terbalik, sangat besar

2

3

Nyata, terbalik, diperbesar

Jari-jari

Jari-jari

Nyata, terbalik, sama besar

3

2

Nyata, terbalik, diperkecil

Tak terhingga

Fokus

Nyata, terbalik, kecil sekali

 

Bagaimana cara menentukan nilai postif dan negatif jarak atau tinggi benda pada cermin cekung? Hal ini dipelajari pada buku fisika dasar pendidikan tingkat lanjut (perguruan tinggi). Tetapi, saya membagikannya, sehingga semua menjadi jelas.

 

Tabel 1.2. Aturan Positif - Negatif Jarak Benda, Bayangan, Tinggi Benda, & Tinggi Benda pada Cermin Cembung & Cermin Cekung

Besaran

Positif (+) Ketika

Negatif (-) Ketika

Jarak benda

di depan cermin (benda nyata)

di belakang cermin (benda maya)

Jarak bayangan

di depan cermin (bayangan nyata)

di belakang cermin (bayangan maya)

Tinggi bayangan (h’)

Bayangan tegak

Bayangan terbalik

Fokus (F) dan jari-jari (R)

Cermin cekung (konvergen)

Cermin cembung (divergen)

Perbesaran (M)

Bayangan tegak

Bayangan terbalik

 

Tips! Cara membedakan cermin dengan lensa pada alat peraga nyata adalah dengan cara merabanya. Saat diraba, ketebalan cermin cenderung merata dari pada semua sisi. Sedangkan lensa, ia akan terasa tebal di tengah dan tipis di pinggir (lensa cembung) atau ia terasa tebal di pinggir dan tipis di bagian tengah (lensa cekung)

 

CERMIN CEMBUNG (CONVEX MIRROR)

 

Cermin cembung disebut dengan cermin divergen karena menyebarkan sinar. Sifat inilah yang menyebabkan nilai fokusnya negatif, sehingga cermin cembung disebut dengan cermin negatif.

aturan ruang cermin cembung (divergen)


Berikut aturan dan sifat bayangan yang terbentuk pada cermin cembung.

Tabel 1.3. Sifat Bayangan Cermin Cembung

Benda

Bayangan

Sifat Bayangan

4

1

Maya, tegak, diperkecil

Tak terhingga

Fokus

Maya, tegak, kecil sekali

Pada cermin cembung, benda hanya diletakkan di depan cermin alias ruang empat. Tidak mungkin benda diletakkan di ruang satu, dua, atau tiga. Ruang satu, dua, tiga ditentukan berdasarkan arah lengkungan cermin.

 

Bayangan nyata identik dengan terbalik dan bayangan maya identik dengan tegak. Bayangan maya adalah bayangan yang tidak dapat ditangkap layar. Apa maksud bayangan tidak dapat ditangkap layar?

 

Tips! Kita memerlukan layar untuk menangkap bayangan nyata. Ini dilakukan karena cermin yang kita gunakan untuk percobaan bening dan tembus pandang, dimana cermin yang biasanya kita gunakan berkaca memiliki lapisan silver. Lapisan silver membuat cermin buram (tidak tembus pandang) dan bayangan ditangkap tanpa harus menggunakan layar.

 

Cermin cekung adalah konvergen dan cermin cekung adalah divergen. Sifat ini akan terbalik pada lensa karena memang lensa cekung malah akan menyebarkan sinar dan lensa cembung mengumpulkan sinar.

 Baca selanjutnya : Tips Lengkap! Aturan & Sifat Bayangan Lensa Cekung-Cembung


KESIMPULAN

 

Cermin cekung disebut cermin konvergen dengan nilai fokus positif (cermin positif). Dan cermin cembung disebut cermin divergen dengan nilai fokus negatif (cermin negatif). Itulah aturan dan sifat bayangan yang dibentuk cermin lengkung secara lengkap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel