Lanjut! Cara Analisis Kesukaran Soal Pilgan & Uraian

 

Bagaimana cara analisis kesukaran butir soal pilihan ganda (pilgan) dan uraian? Analisis kesukaran butir soal diperlukan untuk melihat tingkat kesukaran butir soal dan kevalidannya. Soal yang baik adalah soal yang mampu dikerjakan oleh sebagian besar siswa dengan tingkat kesukaran sedang.

 

Soal yang digunakan pada pembahasan kali ini ada pada artikel sebelumnya, yaitu perhitungan daya beda. Mudah! Cara Menghitung Daya Beda Soal Pilgan & Uraian. Artikel tersebut telah menjelaskan cara membagi siswa menjadi golongan atas, tengah, dan bawah pada contoh soal (satu soal pilihan ganda dan satu soal uraian).

 

Dari data pada pembahasan artikel tersebut, kita akan analisis putir soal pilihan ganda terlebih dahulu.

 

ANALISIS KESUKARAN BUTIR SOAL PILGAN

 

Pada soal pertama, tiga puluh siswa kelas V telah melaksanakan ulangan IPA. Skor mereka telah diurutkan dari yang tertinggi dan dikelompokan berdasarkan golongan atas, tengah, dan bawah dengan ketentuan seperti pada artikel sebelumnya. Jawaban siswa pada butir soal nomor satu juga telah di data pada tabel 1.1. Berikut cara analisis kesukaran butir soal pilgan tersebut:

analisis kesukaran soal pilgan

ANALISIS KESUKARAN BUTIR SOAL URAIAN

 

Ketentuan mengelompokan golongan atas, tengah, dan bawah pada data skor ulangan uraian siswa berbeda dengan ulangan pilgan. Cara pengelompokan tingkatan tersebut telah dibahas pada artikel sebelumnya. Berikut cara analisis kesukaran butir soal uraian tersebut:

analisis kesukaran soal uraian

KESIMPULAN

 

Guru tidak dapat menyimpulkan bahwa siswa tidak mampu mengerjakan soal tanpa melihat tingkat kesukaran butir soal. Soal bisa saja tergolongan soal sukar ataupun sebaliknya. Tidak lantas, siswa dikatakan berhasil dalam suatu ulangan karena semua memperoleh skor yang tinggi. Soal dapat dikatakan terlalu mudah, sehingga siswa mendapatkan skor tinggi secara keseluruhan. Itulah cara mudah menganalisis kesukaran butir soal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel