Tumbukan Lenting Sebagian Lengkap ǀ Pengertian, Contoh, Persamaan, & Koefisien Restitusi




Mengapa contoh kasus tumbukan lenting sebagian dan lenting sempurna sama saja? Apa perbedaan keduanya? Kali ini, kita akan membahas pengertian, contoh, persamaan, & koefisien restitusi tumbukan lenting sebagian.


Tumbukan lenting sebagian (inelastic collisions) adalah interaksi antara dua partikel bermassa yang energi kinetik totalnya berkurang setelah tumbukan tetapi momentum total sebelum dan sesudah tumbukan sama besar. Energi kinetik hilang sebagian saat terjadinya tumbukan.


Sebagian energi kinetik yang dimiliki hilang melewati batas sistem. Tumbukan jenis ini sering terjadi di sekitar kita. Contoh tumbukan ini adalah tumbukan dua bola billiard, bola pantul (bouncing ball). Pada kenyataannya, tumbukan jenis ini pasti menghasilkan suara atau panas akibat kontak fisik.


Baca sebelumnya : 

Koefisien Restitusi ǀ Lebih dari Satu, Tak Hingga, Satu, Antara Nol sampai Satu, & Nol



Energi yang dimiliki sistem keluar menjadi energi bunyi dan energi internal sehingga sebagian energi kinetiknya hilang. Pada tumbukan lenting sebagian hanya berlaku hukum kekekalan momentum tetapi tidak dengan hukum kekekalan energi kinetik.


Energi total tetap konstan (kekal) karena energi kinetik hanya dirubah menjadi energi lain, seperti suara atau energi internal. Jika energi dalam sistem dan keluar sistem dijumlahkan maka kita temukan energi totalnya konstan (kekal).


Beberapa buku menggunakan keterangan koefisien restitusi tumbukan untuk memeberikan keterangan rasio kecepatan benda sebelum dan sesudah tumbukan. Nilai koefisien restitusi lenting sebagian adalah lebih dari nol dan kurang dari satu ( 0 < e < 1 ).


Pada tumbukan lenting sempurna berlaku,


  • Hukum kekekalan energi, energi total partikel sebelum dan sesudah tumbukan sama besar.
  • Hukum kekekalan momentum, momentum partikel sebelum dan sesudah tumbukan sama besar.


Tanda negatif pada kecepatan bermakna benda bergerak ke arah kiri dan positif adalah ke kanan. Tentu ini hanyalah kesepakatan.


Ingat! Jangan abaikan tanda karena berpengaruh terhadap perhitungan.

Persamaan Kekekalan Momentum dan Koefisien Restitusi
Gambar 1.1. Persamaan Kekekalan Momentum dan Koefisien Restitusi
- klik gambar untuk melihat lebih baik - 


Baca juga:

Kenapa Energi Kinetik Berubah Tetapi Momentum Kekal? Hubungan Momentum & Energi Kinetik, Boneka & Bola Pantul Lenting Sebagian


Tumbukan lenting sebagian timbul kerna energi keluar sistem menjadi energi bunyi atau eneri internal. Untuk membedakan contoh soal tumbukan lenting sebagian dengan lenting sempurna, kita memerlukan keterangan tambahan, yaitu koefisein restitusi. Koefisien restitusi lenting sebagian 0<e<1.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel