Tumbukan Tidak Lenting Sempurna Lengkap ǀ Kenapa Kedua Benda Saling Menempel & Bergerak Bersama?

Tumbukan tidak lenting sempurna (perfectly inelastic collisions) adalah interaksi antara dua partikel bermassa yang energi kinetik totalnya berkurang setelah tumbukan tetapi momentum total sebelum dan sesudah tumbukan sama besar. Apa perbedaannya dengan tumbukan lenting sebagian? Dan mengapa benda yang tumbukan tidak lenting saling menempel & bergerak bersama?


Energi kinetik yang hilang melewati batas sistem lebih besar. Hal ini terjadi karena kecepatan benda satu dan dua setelah tumbukan adalah sama besar dan searah. Jika kita gambarkan maka dua benda akan bergerak bergerak bersamaan setelah tumbukan.


Contoh tumbukan ini adalah truk yang menabrak mobil atau peluru yang ditembakkan ke balok kayu. Hal ini terjadi karena energi kinetik salah satu benda yang lebih besar menumbuk benda lain yang memiliki energi kinetik lebih kecil dan kerapatan bahan yang lebih rendah.


Baca sebelumnya :



Seperti truk yang melaju lalu menabrak mobil atau peluru yang ditembakkan ke balok kayu yang digantung. Kereta dan truk bermassa besar dan kecepatannya juga besar sehingga nilai kecepatan kuadratnya besar ( Ek = besar). Peluru walau bermassa kecil tetapi kecepatannya besar sehingga enegi kinetiknya besar. Lalu, ia menumbuk benda dengan kerapatan rendah.


Kecepatan dua benda sama besar setelah tumbukan (arah atau nilainya) sehingga selisih kecepatan dua benda setelah tumbukan adalah nol, dimana nol dibagi bilangan berapapun akan bernilai nol . Nilai koefisien restitusi lenting tidak sempurna adalah nol ( e = 0 ).


Pada tumbukan lenting sempurna berlaku,

  • Hukum kekekalan energi, energi total partikel sebelum dan sesudah tumbukan sama besar.
  • Hukum kekekalan momentum, momentum partikel sebelum dan sesudah tumbukan sama besar.


Tanda negatif pada kecepatan bermakna benda bergerak ke arah kiri dan positif adalah ke kanan. Tentu ini hanyalah kesepakatan.


Ingat! Jangan abaikan tanda karena berpegaruh terhadap perhitungan.


Persamaan Hukum Kekekalan Momentum & Koefisien Restitusi Tidak Lenting Sempurna
Gambar 1.1. Persamaan Hukum Kekekalan Momentum & Koefisien Restitusi Tidak Lenting Sempurna
- klik gambar untuk melihat lebih baik -


Baca selanjutnya:



Tumbukan tidak lenting sempurna ditandai denga koefisien restitusi e = 0, dimana salah satu kerapatan bendanya rendah sehingga benda akan saling menempel dan bergerak bersama (beriringan) setelah tumbukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel