Macam-macam Besaran pada Gerak Melingkar & Penjelasannya

Arah Gaya pada Gerak Melingkar : Radial, Sentrifugal, Sentripetal, & Tangensial
Gambar 1.1. Arah Gaya pada Gerak Melingkar : Radial, Sentrifugal, Sentripetal, & Tangensial
-klik gambar untuk melihat lebih baik-



Pada gerak melingkar, kita akan sering menemui kata tangensial, sentripetal, sentrifugal, radial, dan linear. Beberapa penjelasan pada buku tampak tidak konsisten dalam menyebutkan jenis besaran. Buku A mengatakan percepatan sentripetal sedangkan buku yang lain mengatakan percepatan radial. Berikut macam-macam besaran pada gerak melingkar dan penjelasannya.




Kata radial sendiri artinya adalah sesuatu yang berkaitan dengan jari-jari lingkaran. Jika besaran tersebut memiliki arah arah menuju pusat lingkaran maka ia disebut radial ke dalam yang nilainya negatif. Jika besaran tersebut memiliki arah menjauh pusat lingkaran maka ia disebut radial ke luar yang nilainya positif. Kita akan menemukan istilah percepatan radial, gaya radial.


Kata tangensial artinya adalah menurut garis singgung. Beberapa besaran vektor memiliki arah yang menyinggung lintasan melingkar. Kita dapat dengan mudah mengidentifikasinya. Kita akan menemukan istilah kecepatan tangensial, percepatan tangensial, dan gaya tangensial.


Kata sentripetal artinya adalah menuju pusat lingkaran atau sentris. Hal ini berbeda dengan radial yang dapat menuju pusat atau menjauhi pusat. Sentripetal begitu ekslusif menuju pusat lingkaran yang mana nilainya adalah negatif. Kita akan menemukan istilah gaya sentripetal, percepatan sentripetal.


Kata linear artinya adalah yang berhubungan dengan garis lurus. Tangensial biasa disebut dengan linear karena berupa garis lurus yang menyinggung lingkaran.


Kata sentrifugal artinya adalah melanting dari pusat. Sentrifugal sendiri terkesan sebagai jenis gerak radial menjauhi pusat lingkaran atau terpelanting ke luar. Kita akan menemukan istilah gaya setrifugal.


Berikut tabel jenis besaran yang terlibat dalan gerak melingkar


Tabel 1.1. Jenis Besaran pada Gerak Melingkar dan Ketrangannya
Jenis Besaran
Keterangan
Gaya sentripetal
Gaya menuju pusat lingkaran. Gaya total yang bekerja pada benda yang bergerak pada lintasan melingkar. Kita menggunakannya untuk gerak melingkar beraturan
Gaya radial
Gaya menuju pusat lingkaran (radial ke dalam). Salah satu jenis gaya yang bekerja pada benda yang bergerak melingkar beraturan atau tidak beraturan.
Gaya sentrifugal
Gaya yang menjauh dari pusat lingkaran secara radial (gaya radial ke luar)
Gaya tangensial
Gaya yang menyinggung lintasan melingkar benda. Gaya ini muncul untuk gerak melingkar tidak beraturan yang menyebabkan benda bergerak berpindah lintasan melingkar ke lintasan melingkar yang lain.­­
Percepatan tangensial
Percepatan yang menyebabkan kelajuan partikel berubah. Arah percepatan tangesial sejajar dengan kecepatan tangensial dan gaya tangensial.
Kecepatan tangensial
Kecepatan yang menyebabkan posisi partikel berubah. Arah kecepatan tangensial sejajar dengan percepatan tangensial dan gaya tangensial.
Percepatan radial
Percepatan yang muncul karena perubahan arah vektor kecepatan. Arahnya percepatan radial sejajar dengan gaya radial.
Percepatan sentripetal
Percepatan yang muncul karena perubahan arah vektor kecepatan. Percepatan sentripetal memiliki arah yang sama dengan percepatan sentripetal. Kedua istitilah ini memiliki makna yang sama. Tetapi sentripetal seolah khas denga gerak melingkar beraturan saja sedangkan radial fleksibel.
Kelajuan linear
Nilai dari kecepatan tangensial tanpa arah.





Ketuk tab menu “content” untuk melihat daftar isi secara keseluruhan


Macam-macam besaran pada gerak melingkar tidak ada bedanya dengan denga  gerak lurus. Hanya perlu penyesuaian nama berdasarkan nilai yang berubah dan arahnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel