Penjelasan Gerak Melingkar Lengkap ǀ Pengantar Gerak Melingkar



Gerak melingkar adalah salah satu contoh penerapan hukum Newton 2 yang lebih kompleks dibandingkan gerak lurus. Beberapa perlakuan diberikan pada gerak melingkar sehingga muncul begitu banyak variasi dengan istilah yang berbeda-beda. Pada pembahasan ini, kita akan membahas peta konsep dari gerak melingkar sebagai pengantar gerak melingkar.


Perhatian! Konten lengkap disajikan secara terpisah. Berikut penjelasan pengantar agar kita tidak pusing berhadapan dengan istilah dan perubahan variabel. Ketuk “link” pada akhir postingan.


Contoh yang sering digunakan pada gerak melingkar adalah benda bermassa yang ditali pada poros tertentu dan diputar. Kita akan menemukan dua perlakuan yang berbeda yaitu, benda diputar secara horisontal atau vertikal. Poros putar keduanya dapat dibuat tetap atau berubah-ubah. Kita akan mengenal Gerak Melingkar Horisontal dan Gerak Melingkar Vertikal


Contoh Gerak Melingkar secara Horisontal dan Vertikal
Gambar 1.1. Contoh Gerak Melingkar secara Horisontal dan Vertikal
-klik gambar untuk melihat lebih baik-

Pada beberapa kasus, gerak melingkar dapat terjadi pada benda yang tidak berada poros tetap tetapi bergerak sepanjang beberapa tali busur lintasan melingkar. Contohnya adalah gerak roller coaster, gerak mobil naik turun bukit, dan gerak kendaraan pada jalan berkelok. Kini, kita mengenal istilah lagi yaitu Gerak Melingkar Beraturan (poros putar tetap) dan Gerak Melingkar Tidak Beraturan (poros putar berubah-ubah).
Gambar 1.2. Contoh Gerak Melingkat Tidak Beraturan
-klik gambar untuk melihat lebih baik-

Lintasan dari gerak melingkar tidak beraturan juga berbeda-beda. Roller coaster dapat bergerak secara vertikal sedangkan mobil yang naik turun bukit bergerak secara horisontal. Hal ini tentu berpengaruh terhadap persamaan hukum Newton 2 versi gerak melingkar. Jika kita memahami persamaan hukum Newton 2 maka kita tidak akan ambil pusing.


Gaya netto atau jumlah gaya pada ruas kiri persamaan hukum Newton 2 akan kita tambahkan persamaan gaya berat, gaya normal, atau gaya tegang tali. Jika benda yang dianalisis merupakan gerak melingkar secara vertikal.


Setelah membaca pengantar gerak melingkar, kita akan menganalisis istilah kata pada gerak melingkar. 
Baca selanjutnya : [Bag. 2] Macam-macam Besaran pada Gerak Melingkar & Penjelasannya.
Klik tab menu “content” untuk melihat daftar isi secara keseluruhan


Penjelasan gerak melingkar secara lengkap tinggal ikuti link yang per-bagian yang telah disediakan. Penjelasan di atas adalah pengantar gerak melingkar yang akan membantu kita membayangkan peta konsepnya ke depan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel