Jenis Satuan pada Besaran Turunan ǀ Satuan Dasar, Satuan SI, dan Satuan Simbol


Beberapa besaran turunan memiliki tiga jenis satuan yaitu, satuan dasar, satuan SI, dan satuan dalam simbol. Contoh satuan dasar dari gaya adalah kg.m/s2, satuan SI gaya adalah J/m, dan satuan simbol gaya adalah newton (N).


Satuan dasar adalah satuan yang diperoleh dari analisis dimensional biasa. Satuan dasar memuatan satuan-satuan dari besaran pokok tanpa ada peringkasan satuan. Kita dapat dilihat satuan pada satuan dasar tampak panjang.


Satuan SI adalah satuan yang mengalami sedikit peringkasan satuan berdasarkan satuan simbol yang menjadi bagian di dalamnya. Satuan SI menunjukkan bahwa besaran tersebut merupakan perkalian dari besaran turunan yang sudah memiliki satuan simbol.


Satuan simbol adalah satuan yang sudah diringkas menjadi satu satuan saja yang kemudian diganti berdasarkan keinginan penemu besaran tersebut. Contohnya besaran gaya ditemukan oleh newton.
Berikut tabel 1.1. Jenis satuan pada besaran turunan beserta namanya.


Tabel 1.1. Jenis Satuan pada Besaran Turunan Beserta Namanya

Besaran Turunan, Satuan Dasar, Satuan SI, dan Satuan Simbol Masing-masing
Besaran Turunan, Satuan Dasar, Satuan SI, dan Satuan Simbol Masing-masing
- klik gambar untuk melihat lebih baik -

Baca juga :


Tiap besaran turunan memiliki satuan dasar, kemudian diringkas menjadi satuan SI, dan memiliki satuan simbol sebagai lambangnya. Sedangkan, besaran pokok hanya terdiri dari satuan dasar saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel