Anak Terlalu Bebas di Rumah Kakek & Nenek? Lakukan 3 Tips Ini

Apakah yang harus dilakukan saat anak terlalu bebas saat tinggal di rumah kakek dan neneknya? Ini adalah hal yang biasa terjadi saat anak tinggal di rumah kakek dan neneknya. Tentu alasannya adalah kakek dan nenek menginginkan mereka memiliki hubungan yang positif dengan cucunya. Salah satu cara yang paling efektif adalah memberikan atau mempersilahkan cucunya melakukan apapun atau istilahnya melonggarkan peraturan. Tentu pola asuh yang serba boleh ini begitu menyenangkan bagi anak, namun pekerjaan besar untuk mendisiplinkannya kembali saat pulang.

Contohnya adalah screen time yang berlebihan, jam tidur berantakan, jajan sembarangan, dan lupa waktu saat bermain. Pada dasarnya, anak itu memang sensitif dengan peraturan karena mereka belum paham bahwa peraturan itu ada untuk kebaikan mereka. Nah, berikut 3 tips yang dapat kita lakukan untuk menghindari kejadian di atas terjadi berulang setiap berkunjung ke rumah kakek dan nenek.
Anak terlalu bebas di rumah nenek

1. Membuat Janji dengan Anak

Setiap berpergian, orang tua dapat membuat janji dengan anak. Misal, jika anak mau ikut berkunjung ke rumah kakek dan nenek, maka peraturan yang ada di rumah tetap berlaku. Saat peraturan dilanggar, orang tua dapat memberi konsekuensi-nya saat sudah di rumah, seperti screen time jadi dikurangi atau tidur lebih awal. Pentingnya membuat kesepakatan dan biarkan anak memilih untuk menerimanya atau tidak.

2. Kerjasama dengan Kakek dan Nenek

Peraturan yang ada di rumah dapat disampaikan juga kepada kakek dan neneknya. Memang pada beberapa kasus, naluri kakek dan nenek belum bisa untuk tegas akan hal ini dengan berbagai alasan. Namun, tidak ada salahnya untuk mengkomunikasikannya dengan mereka.

3. Memberi Tindakan yang Konsisten

Orang tua juga bersikap tegas dan konsisten saat anaknya berperilaku tidak terpuji. Misal, anak melempar barang atau berkata kasar. Kita dapat meminta anak untuk tidak melakukannya dan meminta maaf, jika itu diperlukan. Ia akan memahami bahwa konsekuensi akan tetap ada dimanapun ia berada.
Baca juga: 

Kesimpulan

Anak tetap perlu dilatih kedisiplinan dimanapun ia berada, seperti meminta izin, mengingat janjinya, menerima konsekuensi atas perilakunya, terutama pada masa golden age (0-6 tahun). Itulah 3 tips yang mungkin dapat dilakukan orang tua saat anak tampak terlalu bebas di rumah kakek dan neneknya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel