2 Fakta Perbedaan Eksperimen & Penemuan (Discovery)

 

Bingung dengan perbedaan eksperimen dan discovery (penemuan)? Dua kata ini sering kita temukan dalam perkuliahan pendidikan dan menimbulkan pertanyaan. Kita akan mengerecutkan kedua kata ini dalam lingkup pendekatan inkuiri. Berikut penjelasannya sederhananya.

 

Pendekatan inkuiri memiliki urutan secara umum, seperti merencanakan, mendiskusikan, membuat hipotesis, menganalisis, menafsirkan hasil untuk memperoleh konsep. Nah, konsep ini dapat diuji menggunakan, 

a) analisis rasional (inkuiri secara rasional)

b) penggalian untuk mendapat penemuan (inkuiri secara penemuan/ discovery)

c) eksperimen (inkuiri secara eksperimen)

 

PERBEDAAN PENEMUAN (DISCOVERY) DAN EKSPERIMEN

 

Discovery dan eksperimen sama-sama menguji pernyataan yang ada untuk medapat sebuah konsep. Dalam melakukan pengujian, kita memerlukan bahan yang diatur, dipasang, dan digunakan sebagaimana mestinya. Kegiatan pengaturan ini tidak direncanakan secara formal pada discovery, sedangkan eksperimen memerlukan rencana kegiatan di awal.

 

Ingat! kita sedang membahas inkuiri discovery (gabungan inkuiri dan discovery) dan inkuiri eksperimen (gabungan inkuiri dan eksperimen), walaupun istilah discovery juga menunjuk pada makna yang sama dengan inkuiri.

 

2 Fakta Perbedaan Eksperimen & Penemuan (Discovery)

PERBEDAAN INKUIRI DAN PENEMUAN (DISCOVERY)

 

Inkuiri memerlukan proses berpikir tingkat tinggi dan bentuk perluasan dari proses discovery. Dalam pelaksanaan pembelajaran discovery sendiri, siswa memerlukan pengalaman belajar dan kemampuan eksplorasi dengan guru sebagai fasilitator.

 

Baca lainnya : Anak Cerdas Sering Bermasalah secara Akademik! Ini Penjelasannya


KESIMPULAN

 

Kata discovery dan inkuiri ini saling berkaitan, begitupula discovery dan eksperimen. Pada dasarnya, istilah kata dalam ilmu pendidikan itu saling terkait satu sama lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel