Analisis Fisika Cara Kerja Gitar Listrik | Induksi Elektromagnetik

 

Faraday menyimpulkan yang intinya arus listrik dapat muncul akibat medan magnet yang berubah-ubah. Dalam kasus ini, rangkaian yang dialiri arus dan medan magnet yang menginduksi berada pada rangkaian yang berbeda. Salah satu penerapan hukum Faraday adalah gitar listrik. Inilah cara kerja gitar listrik dengan analisis fisika sederhana berdasarkan bab listrik dan magnetisme.

 

CARA KERJA GITAR LISTRIK

Bagaimana gitar listrik saat dinyalakan dapat menghasilkan suara, tetapi saat dimatikan tidak dapat menghasilkan suara? Kita akan fokus pada bagian senar, magnet, dan kumparan yang ada di dekatnya.

 

Kita akan sering mendengar kata “induksi”. Anggap saja induksi ini adalah terpengaruh, terinduksi berarti terpengaruh. Intinya suatu rangkaian timbul gejala arus listrik akibat adanya perubahan fluks (garis) medan magnet.

 

Senar logam gitar listrik diletakkan tegak lurus dan berdekatan dengan medan magnet permanen yang berbentuk silinder. Hal ini yang menyebabkan bagian segmen senar logam yang dekat dengan magnet termagnetisasi pada bagian tersebut saja. Akibatnya, senar berubah jadi magnet dan memunculkan fluks magnetik (garis-garis medan magnet).

 

Saat senar dipetik dan bergetar pada frekuensi tertentu, segmen senar yang memiliki fluks (garis-garis gaya magnet) akan mengenai kumparan dan jumlah yang mengenainya akan berubah-ubah karena senar bergerak menjauh-mendekat atau ke kiri-kanan.

 

Fluks yang berubah-ubah memicu munculnya ggl (tegangan induksi) pada kumparan dan diteruskan ke amplifier. Amplifier akan mengirimkan hasil keluaran ini ke pengeras suara.

 

Kumparan pickup pada gitar listrik berjumlah enam dan tersusun secara horisontal dalam satu baris. Untuk menentukan pickup mana yang hendak digunakan, kita dapat menggunakan saklar pada badan gitar.

gitar listrik cara kerja fisika induksi elektromagnetik
source : pixabay
gitar listrik cara kerja fisika induksi elektromagnetik

 Baca lainnya: Tips Lengkap! Aturan & Sifat Bayangan Lensa Cekung-Cembung


KESIMPULAN

Cara kerja gitar listrik dipengaruhi oleh induksi elektromagnetik. Tanpa prinsip kerja listrik dan magnetisme, gitar listrik tidak dapat mengeluarkan bunyi dan sistem kerjanya berbeda. Itulah cara kerja gitar listrik berdasarkan analisis fisika sederhana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel