Kursi Besi Lebih Dingin! Penjelasan Mudahnya Pakai Fisika

Kursi besi terasa lebih dingin daripada kursi kayu. Fenomena ini bukan karena suhu kursi besi lebih rendah daripada kursi kayu. Berikut analisis mudah kejadian ini dan kaitannya dengan fisika bab suhu kalor.

 

KURSI BESI MENYERAP ENERGI TUBUH

 

Saya pernah nonton kartun di kaset hadiah susu formula. Dua kelinci rebutan kursi di musim salju. Kursi satu terbuat dari besi dan yang satu lagi terbuat dari kayu, tetapi jelek.

 

Si kelinci yang dapat kursi kayu merasa murung karena kalah lompat dan mendapat kursi jelek. Tak berselang lama, kelinci yang menang menyesal karena bangku besi miliknya tidak nyaman diduduki.

freevector.com make distance with other

Tubuh manusia merasakan panas dan dingin berdasarkan energi yang ia serap. Manusia akan merasa DINGIN, jika ia melepas energi. Manusia akan merasa PANAS, jika ia menerima energi.

 

Besi adalah material yang cepat menyerap energi dan juga cepat melepas energi dibanding kayu. Saat di musim dingin, energi (panas) yang dimiliki besi hilang.

 

Saat manusia duduk di atasnya, ia akan menyerap energi dari manusia dan manusia melepaskan energi. Hal ini yang menyebabkan kulit kita merasa DINGIN.

 

Karakteristik yang dimiliki besi dan kayu dalam menyerap dan melepas energi erat kaitannya dengan kalor jenis zat. Kalor jenis besi (460 J/kgoC) LEBIH KECIL daripada kayu (1700 J/kgoC).

 

PERBEDAAN RASA ANTARA TERMOMETER DAN KULIT

 

Manusia sendiri memiliki energi. Saat ia kehilangan energi, sensor akan merasakan DINGIN dan begitupula sebaliknya. Sedangkan, termometer yang berbahan cairan akan memilih untuk menyusut atau memuai.

 

Inilah yang menjadikan cairan dalam termometer dapat menunjukkan skala tertentu. Kulit manusia itu relative. Jika kebetulan energi yang ia miliki seimbang dengan benda, maka ia tidak akan merasa dingin atau panas.

 

Contohnya saat kita kedinginan. Air bersuhu ruang akan terasa hangat dikulit. Kondisi ini terjadi karena tubuh menerima energi dari air yang notabene-nya memiliki suhu lebih tinggi.

 

Kita lebih memilih menggunakan istilah energi bukan kalor. Kalor itu adalah proses transfer energi dan suhu adalah skala (nilai). Energi dapat berupa energi gerak, panas, atau listrik.

 

Baca juga : 

 

KESIMPULAN

 

Kalor berbeda dengan suhu. Tubuh merasa dingin karena kalor mengalir dari tubuh ke kursi besi. Sedangkan, kursi kayu terasa tidak lebih dingin dibandingkan kursi besi karena kayu tidak mudah kehilangan energi dan sedikit menyerap kalor dari tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel