3 Alasan Gunung Dingin Dekat Matahari! Analisa Mudah Molekul Gas

Daerah pegunungan (dataran tinggi) memiliki jarak yang lebih dekat dengan matahari. Tetapi, mengapa suhu disana lebih dingin dibanding dataran rendah? Beberapa artikel fakta memberikan penjelasan yang kurang gamblang. Kita akan membahasnya dengan pendekatan molekul sederhana yang mudah dipahami.

 

Berikut 3 alasan fisika yang mudah untuk dipahami dengan menggunakan pendekatan molekul gas.

 

1. TEKANAN RENDAH AKIBAT MOLEKUL SEDIKIT

 

Bumi ini dilindungi oleh atmosfer yang tersusun dari molekul-molekul gas. Pada dataran tinggi, jumlah molekul gas yang menekan akan lebih sedikit dibanding daerah dataran rendah (ilustrasi dapat dilihat pada gambar).

alasan gunung dingin dekat matahari pakai analisa molekul gas

Jumlah molekul yang sedikit mengakibatkan tekanan pada dataran tinggi lebih kecil daripada dataran rendah. Hal ini juga yang menyebabkan daerah pegunungan sejuk karena angin cenderung berhembus dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah (pegunungan).

 

2. ENERGI MOLEKUL GAS YANG TERSIMPAN SEDIKIT

 

Setiap molekul gas terpapar oleh sinar matahari. Otomatis, mereka menerima dan menyimpan energi dari matahari. Semakin sedikit jumlah molekul yang dimiliki suatu daerah menyebabkan semakin dingin daerah tersebut karena molekul gas disana menyimpan energi panas lebih sedikit.

 

Kondisi ini tidak berlaku di ruang hampa (luar angkasa). Semakin dekat dengan matahari akan terasa lebih panas. Di luar angkasa, atmosfer (molekul gas) tidak ada. Satu-satunya pelindung bagi astronot adalah baju antariksa.

 

3. JUMLAH MOLEKUL SEDIKIT AKIBAT GRAVITASI LEMAH

 

Jarak yang semakin jauh dari pusat bumi mengakibatkan gaya tarik melemah. Gaya tarik ini juga dialami oleh molekul-molekul gas. Akibatnya, semakin dekat dengan permukaan bumi, jumlah molekul akan seamkin banyak karena kuatnya gaya tarik.

 

Baca lainnya: 

 

KESIMPULAN

 

Lebih dekat dengan matahari malah menjadikan daerah dataran tinggi (pegunungan) lebih dingin daripada dataran rendah. Fakta fisika yang kita gunakan seabagai pendekatan konsep adalah molekul gas. Beberapa faktor yang mengakibatkannya adalah gaya tarik gravitasi yang melemah, jumlah molekul berkurang, dan energi yang disimpan juga menjadi sedikit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel