2 Fakta Tentang Backdraft! Gas Panas Muleg-muleg atau Ledakan

Apa sih itu Backdraft? Backdraft berasal dari kata draft (aliran udara) dan back (kembali). Kondisi ini terjadi saat gas (asap) yang panas muleg-muleg. Istilah backdraft sering digunakan dalam kondisi kebakaran atau kegiatan pembakaran. Makna backdraft terbagi menjadi dua versi dan digunakan dalam dua kondisi. Berikut faktanya!

 

1. BACKDRAFT PADA KEBAKARAN

 

Backdraft dapat diartikan sebagai ledakan yang terjadi akibat gas (asap) panas yang bertemu dengan oksigen. Pada pembelajaran sains, kita tahu bahwa pembakaran memerlukan oksigen. Jika oksigen habis, maka pembakaran akan berhenti.

 

Bagaimana jika ini kebakaran rumah? Rumah berada dalam kondisi tertutup dan dipenuhi benda yang mudah terbakar. Api akan menyala dengan cepat dan membakar seisi rumah. Kondisi rumah yang tertutup mengakibatkan sirkulasi oksigen tidak baik.

 

Semakin besar nyala api membuat oksigen menipis. Pembakaran menjadi tidak sempurna dan nyala api meredup. Asap panas mengepul dan siap menyambut datangnya oksigen dari luar. Saat seseorang membuka pintu, asap panas dengan senang hati menyambut oksigen.

 

Akibatnya, ledakan api muncul keluar dari balik pintu. Tenaga profesional seperti pemadam kebakaran sangat diperlukan dalam hal ini agar tidak sembarangan dalam bertindak. Tanda-tanda sebuah ruangan mengalami backdraft adalah muncul bercak cokelat meleleh dari balik kaca.

 

2. BACKDRAFT PADA RUMAH PERAPIAN

 

Kondisi ini memiliki konsep yang hampir sama, yaitu asap panas yang muleg-muleg dan tidak berhasil keluar. Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya suhu ruang, melelehkan perkakas dapur terutama plastik.

backdraft tunku perapian

Fenomena backdraft jenis ini sering ditemui di negara yang menggunakan sistem perapian pada musim dingin. Warga cenderung menutup rapat semua celah rumah untuk menghemat energi dan menyisakan cerobong asap pembuangan dan beberapa ventilasi penyedot.

 

Konstruksi ukuran celah pembuangan, seperti cerobong asap juga tidak bisa sembarangan. Kita perlu memastikan agar tekanan di luar lebih rendah daripada di dalam rumah, sehingga gas (asap) panas dapat keluar. 


Pemasangan ventilasi penyedot yang tepat juga perlu ditambahkan. Disamping itu, pemasangan kipas ruangan yang tidak mengikuti arah aliran pembuangan juga akan memicu timbulnya backdraft.

 

Di negara Indonesia, fenomena backdraft tidak terlalu booming. Satu-satunya tempat yang menghasilkan asap buangan hanya kompor. Kita hanya perlu mengatur sirkulasi udara di dapur dengan baik. Sedikit celah udara disana-sini sebagai tambahan untuk mengatur sirkulasi udara ruang keluarga dan ruang tamu.

 

Sebagai langkah antisipasi, kita dapat memasang alarm karbon dioksida dalam ruangan untuk mendeketsi munculnya backdraft.


Baca lainnya: 

 

KESIMPULAN

 

Backdraft adalah aliran balik dari gas (asap) panas pembakaran atau juga bisa diartikan ledakan yang timbul pada insiden kebakaran akibat bertemu nya gas panas dengan oksigen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel