Penjelasan Mikroskop Lengkap ǀ Pengertian, Akomodasi Maksimum & Tak Berakomodasi, Pembentukan Bayangan, & Penurunan Persamaan


Mikroskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat objek-objek mikroskopik atau renik. Kali ini, kita akan membahas jenis mikroskop yang paling sederhana yang biasa digunakan di sekolah-sekolah yaitu mikroskop cahaya.


Mikroskop ini terdiri dari dua lensa cembung. Lensa pertama diletakkan dekat objek yaitu lensa objektif. Lensa kedua diletakkan dekat mata pengamat yaitu lensa okuler. Jarak antara kedua lensa ini menentukan panjang mikroskop. Perubahan ini terjadi di dalam mikroskop sehingga kita tidak bisa melihatnya dari luar.


Lensa objektif memiliki jarak fokus lebih kecil dibandingkan lensa okuler. Jarak fokus lensa objektif ini hanya sekitar kurang dari satu centimeter, sedangkan lensa okuler beberapa centimeter.


Objek yang diamati lensa objektif akan membentuk bayangan pertama. Lalu, bayangan pertama akan dijadikan benda oleh lensa okuler dan terbentuklah bayangan kedua. Bayangan kedua inilah yang diamati atau dilihat oleh mata.


MIKROSKOP DENGAN MATA TAK BERAKOMODASI



Bagaimana mata rileks sedangkan letak objek di depan lensa objektif tidak berubah-ubah? Kita dapat merubah posisi lensa okuler sebagai gantinya. Mata akan rileks atau tak berakomodasi jika mata melihat bayangan di titik jauh mata atau di tak hingga. Berikut proses terbentuknya bayangan tak hingga.


MIKROSKOP DENGAN MATA BERAKOMODASI MAKSIMUM



Mata akan berakomodasi maksimum atau lensa menebal maksimum jika mata melihat bayangan di titik dekat mata atau di 25 cm. Jarak 25 cm ini dihitung dari lensa okuler mikroskop. Berikut proses terbentuknya bayangan di titik dekat mata.


Jika kita ingin mengetahui penurunan persamaan perbesaran mikroskop maka berikut penurunan persamaannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel