Gerak Melingkar Tidak Beraturan ǀ Kecepatan Tangensial & Percepatan Tangensial



Gerak melingkar tidak beraturan (Nonuniform circular motion) adalah gerak benda pada lintasan tali busur beberapa lintasan melingkar. Hal ini terjadi karena terdapat komponen tangensial tambahan. Benda tidak hanya mengalami percepatan menuju pusat rotasi tetapi juga percepatan tangensial (linier), ditambah ia mengalami kecepatan tangensial (linier).


Baca sebelumnya : [Bag.6] Gerak Melingkar Beraturan ǀ GayaSentripetal, Gaya Sentrifugal, & Gaya Radial


Sebelum pembahasan ini, kita telah menyinggung pembahasan percepatan radial dan percepatan tangensial yang sebenarnya adalah substansi pembahasan gerak melingkar tidak beraturan. Kita telah membahasnya sehingga kita akan melanjutkan untuk pembahasan kecepatan tangensial dan menyinggung sedikit percepatan tangensial.


KECEPATAN TANGENSIAL DAN PERCEPATAN TANGENSIAL



Kata tangensial sendiri berarti menyinggung lintasan. Sebenarnya, kita tidak perlu mengklasifikasikan besaran-besaran ini adalah milik gerak melingkar beraturan atau tidak beraturan. Istilah ini dapat begitu fleksibel.


Persamaan dari perpindahan sudut sebelumnya menjadi persamaan kecepatan tangensial dan percepatan tangensial adalah seperti pada gambar 1.1.

Persamaan Kecepatan Tangensial & Percepatan Tangensial
Gambar 1.1. Persamaan Kecepatan Tangensial & Percepatan Tangensial
-klik gambar untuk melihat lebih baik-


Pada persamaan, jika simbol percepatan atau keceatan sudut tanpa ada keterangan rata-rata maka ia adalah percepatan atau kecepatan sudut sesaat (tanpa tanda bar di atasnya). Kelajuan tangensial pada gambar adalah nilai dari kecepatan tangensial yang disebut juga dengan kelajuan linear.

Lintasan Gerak Melingkar Tidak Beraturan
Gambar 1.2. Lintasan Gerak Melingkar Tidak Beraturan
ar = percepatan radial ; at = percepatan tangensial
- klik gambar untuk melihat lebih baik -


Arah dari percepatan tangensial adalah sejajar dengan kecepatan tangensial. Pada gerak melingkar poros tetap (gerak melingkar beraturan), percepatan hanya boleh menuju pusat lingkaran. Saat ada percepatan lain yang arahnya tangensial maka lintasan benda (partikel) akan berubah seperti pada gambar 1.2.


Klik tab menu “content” untuk melihat daftar isi secara keseluruhan


Sebanrnya kata tangensial bermakna linier atau lurus. Percepatan tangensial dan kecepatan tangensial tidak hanya berlaku pada kondisi gerak melingkar tidak beraturan, melainkan pada gerak rotasi dsb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel