Percepatan Tangensial dan Percepatan Radial ǀ Pengertian, Contoh, dan Penurunan Persamaan



Pada pembahasan kali ini, kita akan menyinggung perbedaan percepatan tangensial dan percepatan radial. Brikut pengertian, contoh, dan penurunan persamaan (rumus) kedua besaran ini.


Partikel bergerak sepanjang lintasan melengkung seperti pada gambar 1.1. Besar kecepatannya berubah begitupula arahnya. Vektor kecepatan nya selalu menyinggung lintasan dan vektor percepatan membentuk sudut tertentu terhadanya.



Persamaan (Rumus) Percepatan Radial dan Percepatan Tangensial
Gambar 1.1. Persamaan (Rumus) Percepatan Radial dan Percepatan Tangensial
-klik gambar untuk melihat lebih baik-

Vektor percepatan a dapat diuraikan menjadi dua komponen yaitu, komponen percepatan tangensial dan percepatan radial. Komponen percepatan tangensial tegak lurus terhadap jari-jari lingakaran (putus-putus) dan sejajar dengan vektor kecepatan. Sedangkan vektor percepatan radial mengarah ke pusat lingkaran.


Percepatan tangensial (tangential acceleration) adalah percepatan yang menyebabkan kelajuan partikel berubah. Jika arah vektor percepatan tangensial searah dengan vektor kecepatan maka partikel akan dipercepat. Dan jika arah vektor percepatan tangential berlawanan arah dengan vektor kecepatan maka partikel akan diperlambat.


Percepatan radial (radial acceleration) adalah percepatan yang muncul karena perubahan arah vektor kecepatan. Jika jari-jari kelengkungan lingkaran besar maka nilai percepatan radialnya kecil. Dan jika jari-jari kelengkungan lingkaran kecil maka nilai percepatan radialnya besar. Lihat perbedaan panjang panah titik A, B dengan C. Titik C memiliki panjang panah vektor lebih pendek dibandingkan A dan B.


Dalam pembahasan di atas tentu kita tidak merujuk pada contoh gerak beraturan yang memiliki nilai v yang konstan. Jika pada contoh di atas kita memisalkan partikel bergerak dengan nilai v yang konstan atau tetap (arah v berubah) tentu tidak ada percepatan, bukan? Percepatan tangensial yang dimaksud. Percepatan yang partikel miliki hanya percepatan radial.


Bagaimana jika arah v tidak berubah atau konstan tetapi nilai v yang berubah? Partikel akan bergerak dengan lintasan yang lurus dan tidak melengkung. Besar percepatan radialnya adalah nol dan percepatan tangensialnya jelas bukan nol karena terjadi perubahan kecepatan.


Agar tidak bingung memahami tulisan persamaan pada pembahasan fisika di atas atau di beberapa buku fisika. Baca : Komponen Vektor & Vektor Satuan, Perbedaan Penulisan Persamaan Fisika (Subskrip, Superskrip, & Simbol)


Baca selanjutnya : [Bag. 5] Gerak Melingkar Beraturan ǀ Percepatan Sentripetal

Ketuk tab menu "content" untuk melihat daftar secara keseluruhan



Istilah tangensial digunakan untuk besaran yang arahnya linier, sedangkan sentripetal untuk besaran yang arahnya menuju pusat. Hal ini juga berlaku pada percepatan tangensial dan percepatan radial. Contoh kasusnya adalah gerak roller coaster yang memiliki kedua jenis besaran ini. Ia menjadi tidak bergerak berputar ditempat, tetapi bergerak maju juga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel