Komponen Vektor dan Vektor Satuan ǀ Pengertian, Contoh, dan Penulisannya



Apakah pengertian dari komponen vektor dan vektor satuan? Kita akan membahas perbedaan antara dua hal ini, contoh, dan cara penulisannya.

KOMPONEN VEKTOR


Metode grafis tidak disarankan sebagai metode dalam menjumlahkan  vektor ketika kita membutuhkan akurasi yang tinggi terlebih dalam perhitungan vektor tiga dimensi. Metode yang baik pada bagian ini adalah memanfaat proyeksi yang disebut komponen dari vektor (penguraian vektor).


Sebelum menggunakan metode proyeksi perlu disepakati bahwa komponen dari sebuah vektor akan bernilai positif jika komponen tersebut berada pada sumbu x, y, dan z positif. Begitupun sebaliknya, komponen dari sebuah vektor akan bernilai negatif jika komponen tersebut berada pada sumbu x, y, dan z negatif.

Komponen Vektor pada Sumbu x dan y, Nilai Vektor, dan Nilai Sudut antar Vektor. Sudut dihitung dari sumbu x positif, diputar ke kiri (berlawanan arah jarum jam)
Gambar 1.1. Komponen Vektor pada Sumbu x dan y, Nilai Vektor, dan Nilai Sudut antar Vektor.
Sudut dihitung dari sumbu x positif, diputar ke kiri (berlawanan arah jarum jam)
-klik gambar untuk melihat lebih baik-


Contoh kasus (lihat gambar 1.1) adalah sebuah vektor A berada pada bidang xy dengan sudut α. Kita dapat memproyeksikan vektor A menjadi komponen Ax dan Ay (tidak dicetak tebal, tebal melambangkan vektor). 


Nilai Ax akan positif jika berada pada sumbu x positif dan Ax akan negatif jika berada pada sumbu x negatif. Begitupun dengan Ay. Nilai A = Ax + Ay karena ia membentuk segitiga siku-siku.

VEKTOR SATUAN

Vektor Satuan i,j,k, & Persamaan Vektor A
Gambar 1.2. Vektor Satuan i,j,k, & Persamaan Vektor A
Beberapa buku mengganti ijk (topi) menjadi xyz (topi)

Ketika mendengar vektor satuan kita akan ingat dengan i topi, j topi, dan k topi.


Fungsi dari vektor satuan adalah memudahkan kita dalam menjelaskan arah dan mengidentifikasi komponen dalam perhitungan. Apakah komponen ini adalah milik x, y, atau z. Sehingga ia tidak memiliki arti lain.


Vektor satuan adalah vektor yang tidak berdimensi (tanpa satuan) atau hanya alat yang besarnya 1.




Itulah pengertian, contoh, dan cara penulisan komponen vektor dan vektor satuan. Ketika sebuah vektor memiliki arah yang diagonal, ia akan diproyeksikan terhadap sumbu x dan y. Kita akan mengenal istilah komponen vektor x dan komponen vektor y. Sedangkan, vektor satuan adalah keterangan yang diberikan agar mudah kita mengidentifikikasi jenis komponennya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel