Inilah Alasan Suara Lebih Jelas pada Malam Hari! Analisis Fisika Gelombang Bunyi

 

Orang tua selalu menyuruh kita berbicara lebih lirih di malam hari. Tahukah kamu kalau gelombang bunyi akan terdengar semakin jelas di malam hari daripada di siang hari? Ini adalah salah satu sifat gelombang bunyi, yaitu dapat dibiaskan (refraksi). Berikut alasan gelombang bunyi terdengar lebih jelas (nyaring) di malam hari daripada siang hari berdasarkan analisis fisika.

 

SIFAT GELOMBANG BUNYI

 

Gelombang bunyi adalah gelombang yang memerlukan medium untuk merambat. Gelombang bunyi memiliki empat sifat, yaitu dapat dilenturkan (difraksi), dibiaskan (refraksi), dipadukan (interferensi), dan dipantulkan (refleksi).

 

Kita akan fokus ke sifat dapat dibiaskan (refraksi). Makna dapat dibiaskan sendiri adalah “dapat dibelokkan”. Sifat gelombang bunyi dapat dibiaskan kali ini akan erat kaitannya dengan suhu dan tekanan. Kita akan mengkolaborasikan konsep gelombang dan suhu kalor.

 

ALASAN GELOMBANG BUNYI LEBIH NYARING DI MALAM HARI

 

Bumi adalah material yang cepat panas dan cepat dingin. Hal ini terjadi karena bumi memiliki kalor jenis (c) yang tergolong kecil. Pada siang hari yang terik, bumi dengan cepat panas dan saat malam hari lebih cepat dingin.

 

Saat siang hari, bumi menyerap energi lebih banyak akibatnya bumi lebih panas. Hal ini menyebabkan udara di atas tanah bumi lebih panas daripada yang jauh dengan tanah bumi. Saat udara lebih panas, gelombang akan merambat lebih cepat

 

Ketika gelombang bunyi melewati udara dengan suhu berbeda ini, ia akan dibiaskan ke atas karena pattern gelombang sisi bawah akan bergerak lebih cepat daripada sisi bawah.

 

Saat malam hari, bumi melepaskan energi akibatnya bumi lebih dingin. Hal ini menyebabkan udara di atas bumi lebih dingin daripada yang jauh dengan bumi. Ketika gelombang bunyi melewati udara dengan suhu berbeda ini, ia akan dibiaskan ke bawah karena pattern gelombang sisi bawah akan bergerak lebih lamban daripada sisi atas.

 

Bunyi Dibiaskan (Dibelokkan) ke Bawah saat Malam Hari
Gambar 1.1.a. Bunyi Dibiaskan (Dibelokkan) ke Bawah saat Malam Hari

Bunyi Dibiaskan (Dibelokkan) ke Bawah saat Siang Hari
Gambar 1.1.b. Bunyi Dibiaskan (Dibelokkan) ke Bawah saat Siang Hari

Gelombang bunyi yang dibiaskan ke bawah menyebabkan suara yang kita dengar menjadi lebih jelas dan lebih nyaring. Hal ini terjadi di malam hari.

 

Baca juga : Gelombang Bunyi ǀ Sifat, Karakteristik, Keras Suara & Frekuensi, dan Pemanfaatannya pada Kehidupan


KESIMPULAN

 

Gelombang bunyi terdengar jelas di malam hari karena gelombang dibiaskan ke bawah sehingga dapat sampai secara utuh ke pendengar. Oleh karena itu, kita merasa lebih terganggu dengan suara-suara di malam hari daripada di siang hari.

 

Itulah alasan gelombang bunyi terdengar lebih jelas (nyaring) di malam hari daripada siang hari berdasarkan analisis fisika.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel