Hukum Pascal ǀ Bunyi, Persamaan (Rumus), & Dongkrak Hidrolik,


Pada hukum utama hidrostatis, pipa U memiliki gaya, luas penampang, dan tekanan yang sama pada kolom kanan atau kiri. Sekarang, kita variasi luas kolom (luas penampang) kanan dan kiri, dimana kita akan mengenal hukum Pascal, persamaannya, dan penerapannya pada dongkrak atau pompa hidrolik.


Baca sebelumnya :

Hukum Utama Hidrostatis ǀ Tekanan pada Pipa U, Persamaan (Rumus), dan Analisis Gambar

Tekanan Hidrostatis ǀ Pengertian, Persamaan (Rumus), Manometer & Barometer, Tekanan Mutlak & Gauge (Hidrostatis)



BUNYI HUKUM PASCAL



Hukum Pascal menyatakan bahwa perubahan tekanan yang terjadi akan diteruskan ke seluruh bagian fluida sama besar termasuk pada dinding-dinding wadahnya.


Salah satu penerapan hukum pascal ini adalah dongkrak hidrolik. Fluida dimasukkan ke dalam ruangan tertutup. Kolom kiri lebih kecil dibandingkan kolom kanan. Hal ini mengakibatkan luas penampang kiri lebih kecil dibanding luas penampang kanan.


PENERAPAN HUKUM PASCAL (DONGKRAK HIDROLIK)


Gambar 1.1. Penerapan Hukum Pascal pada Alat Dongkrak Hidrolik dan Penurunan Persamaannya
- klik gambar untuk melihat lebih baik -

Saat piston kolom kiri didorong ke bawah dengan gaya F1 pada A1. Fluida terdesak turun sejauh Δx1. Tekanan P terjadi pada seluruh fluida sampai pada kolom kanan. Akibatnya, tekanan P yang sama terjadi pada piston kolom kanan. Luas penampang A2 terdorong ke atas dengan gaya F2.


Gaya F2 lebih besar dibandingkan gaya F1, luas penampang A2 lebih besar dari luas penampang A1. Bagaimana gaya kecil dapat menghasilkan gaya besar dengan mudah? Gaya F2 menjadi besar karena tekanan P-nya sama besar. Tetapi, hal yang menjadi efeknya adalah Δx1 > Δx2. Walaupun fluida kolom kiri turun sejauh Δx1, kolom kanan hanya sebesar Δx2.


Apakah bisa luas penampang kolom kiri pada dongkrak hidrolik ini diperkecil agar meminimalisir gaya (lebih ringan lagi)? Tentu bisa, kita tinggal menyiapkan panjang kolom yang lebih dalam lagi karena perubahan Δx1 akan lebih besar dari Δx2. Siapkah menggali lebih dalam untuk menanam dongkak ini?


Perbedaan prinsip kerja pompa hidrolik dengan pipa U adalah gaya dan luas penampangnya berbda, walaupun tekanannya sama. Sedangkan, pipa U memiliki gaya, luas penampang, dan tekanan yang sama besar.


Baca selanjutnya : Hukum Archimedes ǀ Bunyi, Penurunan Persamaan Gaya Apung, dan Analisis Gambar


PENERAPAN HUKUM PASCAL



Penerapan lain dari hukum pascal adalah rem hidrolik, pompa hidrolik, semprotan pascal, alat pres, dan alat tensi. Kesimpulannya adalah tekanan pada hukum Pascal memberi gambaran bahwa tekanan pada bagian fluida tertentu akan diteruskan ke seluruh bagian fluida yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel