Perbedaan Gaya Gravitasi dan Percepatan Gravitasi ǀ Konsep Gaya

Photo by NASA on Unsplash



Pada pembahasan konsep gaya sebelumnya, kita dapat memahami bahwa percepatan terjadi pada suatu benda karena dikenai gaya. Gaya dapat berupa sebuah tarikan atau dorongan, baik kontak fisik atau medan. Percepatan sendiri adalah perubahan kecepatan sebuah benda.




Kita mendorong sebuah meja yang diam sehingga meja bergerak dipercepat, magnet menarik benda logam dengan radius tertentu, elektron bergerak mendekati proton, benda bermassa kecil tertarik ke arah benda bermassa besar. Hal ini adalah contoh bagaimana gaya yang menyebabkan percepatan benda.


Bumi yang memiliki massa yang besar memberikan gaya medan yang kuat terhadap benda bermassa di sekelilingnya. Gaya tersebut mengakibatkan terjadinya percepatan terhadap benda-benda di sekelilingnya. Percepatan tersebut dinamakan percepatan gravitasi.


Perlu diingat bahwa semakin benda bermassa tersebut jauh dari pusat bumi, gaya tariknya akan melemah dan percepatan gravitasinya akan menurun. Saat benda berada pada radius sebesar jari-jari bumi, percepatan gravitasinya menjadi seperempatnya. Semakin bertambah sebesar r, ia akan menjadi seperkuadratik 1/16, 1/25 dst.



Percepatan gravitasi akan bernilai konstan 9,8 m/s2 untuk jarak 0 sampai ketinggian puncak everest. Semakin ke atas setelahnya, percepatan gravitasi akan menurun dari 9,7 sampai 0,00272 di bulan.


Baca selanjutnya : Hukum Newton 1 ǀ Kerangka Inersia, Cara Menentukan Kerangka Acuan Inersia, dan Contohnya


Perbedaaan gaya gravitasi dan percepatan gravitasi terletak para urustannya. Bumi memberikan gaya lalu terjadi percepatan. Itulah konsep gaya gravitasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel