Perbedaan Berat dan Massa ǀ Pengertian, Cara Kerja Timbangan, dan Contohnya



Mendorong batu besar dan batu kecil adalah suatu perbedaan yang kentara. Batu besar akan sulit digerakkan tetapi saat ia telah bergerak akan sulit juga untuk dihentikan, berbeda halnya dengan batu kecil. Batu besar memiliki kekuatan lebih untuk mempertahankan diri agar kecepatan yang ia miliki tidak berubah, tetap diam atau bergerak.


Massa adalah sifat benda yang menggambarkan kekuatan benda untuk mempertahankan kecepatannya, tetap diam atau bergerak. Massa merupakan besaran skalar. Ia tidak dipengaruhi lingkungan tempat ia berada. Massa benda di bumi akan sama dengan massa benda di bulan atau dimanapun.

Semakin besar massa, maka percepatannya akan semakin kecil. Massa dan percepatan selalu berbanding terbalik. Sebuah benda bermassa 3 kg dikenai gaya x, ia akan mengalami percepatan sebesar 4 m/s2. Saat massanya dirubah menjadi dua kalinya yaitu 6 kg, maka percepatannya akan menjadi setengah kalinya, yaitu 2 m/s2


Sedangkan, berat adalah gaya. Berat disebut juga sebagai “Gaya Tarik” terhadap benda. Jika kita mengukur berat benda di bumi maka berat benda di bulan akan menunjukkan hasil yang berbeda. Semakin besar massa benda tersebut, semakin besar pula gaya tariknya atau beratnya.


CARA KERJA TIMBANGAN BERAT BADAN (NERACA)



Berat atau gaya tarik adalah besaran vektor sebagaimana gaya pada umumnya. Selama kita berada di bumi, kita akan terpengaruh oleh gaya tarik bumi. Sehingga, timbangan yang ada di bumi jelas mengukur berat bukan massa. Dimana satuan berat adalah kg/ms2 (Newton) dan satuan massa adalah kilogram (kg).


Istilah berat badan disini sudah tepat dan timbangan berat badan mengukur berat atau gaya tarik tubuh kita terhadap bumi. Tetapi, mengapa satuannya “kilogram” yang terbaca pada timbangan berat badan bukan “Newton”?


Pada mulanya, timbangan mengukur berat badan kita. Kemudian, berat tersebut secara otomatis dibagi dengan percepatan gravitasi (g). Sehingga, nilai yang ditunjukkan jarum timbangan berat badan atau neraca adalah “massa badan” bukan “berat badan”.


PERBEDAAN BERAT DI BUMI DAN DI BULAN



Kita tahu bahwa percepatan gravitasi bulan sangat rendah tetapi bukan berarti nol. Berat benda di bumi 49 kg akan berubah menjadi 8 kg di bulan. Sedangkan, massa benda 5 kg di bumi akan tetap 5 kg di bulan. Ingat! Berat adalah vektor dan massa adalah skalar.


Baca selanjutnya : Hukum Newton 2 ǀ Bunyi Hukum, Penerapan, Contoh, dan Soal


Kesimpulannya, pengertian berat dan massa berbeda. Berat (bumi) akan identik dengan kata jatuh ke bawah, massa akan identik kelembaman. Bayangkan saja kita membawa batu besar tetapi ia melayang. Kita akan tetap sulit menariknya, itulah massa. Timbangan tentu akan mengukur berat benda, tetapi hal ini telah diantisipasi dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel