5 Langkah Menyelesaikan Soal yang Berhubungan dengan Hukum Newton



Saat hendak menyelesaikan soal hukum Newton, pernahkah kalian berpikir “manakah cara yang harus saya gunakan?” Hal ini terjadi karena kita telah mengetahui beberapa cara penyelesaian soal hukum Newton. Tetapi, tahukah kamu bahwa petunjuk permasalahan itu ada. Berikut langkah-langkah dalam mengerjakan soal yang berhubungan dengan hukum Newton:


Baca sebelumnya : Gaya Gravitasi dan Berat ǀ Perbedaan Istilah, Penerapan, & Pemberat Astronot

LANGKAH MENYELESAIKAN SOAL HUKUM NEWTON


  1. Memfokuskan permasalahan, kita menganalisis tentang variabel-variabel yang diketahui dan variabel yang ditanyakan. Kita harus yakin bahwa kita memahami maksud dari soal tersebut. Kita dapat menuliskan keterangan diketahui dan ditanya pada tahap awal.
  2. Menggambarkan keadaan fisis, kita perlu menggambar diagram benda bebasyang bekerja pada benda secara sederhana. Jika kasus ini melibatkan lebih dari satu benda maka kita juga perlu menggambarkan benda sebagai sistem yang utuh dan terpisah (termasuk komponen gaya x & y). Gaya yang digambar pada setiap benda hanya gaya yang bekerja pada benda itu bukan gaya yang dikerjakan benda ke luar.
  3. Merencanakan penyelesaian, jika percepatan sistem adalah nol maka sistem berada pada kondisi setimbang “sigma F=nol”. Jika sistem bergerak maka sistem mengalami percepatan, dimana gaya-gaya yang bekerja nilainya akan sama dengan m.a “sigma F= m.a”.
  4. Penyelesaian, kita dapat menggunakan persamaan komponen untuk menyelesaikan permasalahan ini, seperti gaya pada sb x & y.
  5. Hasil atau finalisasi, kita memastikan hasil dari perhitungan sebelumnya sesuai dengan permintaan. Hasil yang tertulis diberi keterangan tambahan mengnai hal-hal yang perlu disampaikan.



Langkah yang tepat dalam menyelesaikan soal hukum Newton pelu dikuasai agar memudahkan kita meraba maksud dan tujuan dari soal tersebut

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel