Gerak Satu Dimensi ǀ Gerak Lurus Beraturan (GLB), Pengertian, Persamaan (Rumus), & Contohnya


Gerak satu dimensi adalah gerak pada garis lurus atau sumbu tertentu. Gerak ini terdiri dari gerak satu dimensi dengan kecepatan konstan atau dapat disebut gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak satu dimensi dengan percepatan konstan atau dapat disebut gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Berikut pengertian, persamaan (rumus), dan contohnya.

GERAK LURUS BERATURAN


Gerak lurus beraturan (Straight Line Motion with Constant Velocity) adalah gerak partikel pada garis lurus dengan kecepatan konstan (v = konstan atau Δv = v2-v1 = 0) dan percepatannya adalah nol (a = 0).


Jika dibayangkan partikel ini sebagai super hero, maka super hero ini tidak mendapatkan transfer kekuatan pada tiap detiknya. Kekuatan super hero tersebut tetap dan tidak berkurang. Kekuatan adalah analogi dari kecepatan dan transfer kekuatan ini adalah analogi dari percepatan.


Pada kehidupan nyata, kita pernah melihat mobil yang mengalami kebocoran cairan di bagian bawah mobil. Cairan tersebut menetes tiap waktu yang teratur atau konstan. Pada mulanya mobil diam kemudian melaju konstan. Saat mobil dan mulai sedikit melaju teteasan ini tampak berdekatan kemudian merenggang, hingga akhirnya renggangan tersebut konstan dan tidak merenggang lagi.

Perbedaan GLBB dan GLB pada Diagram Gerak Sebuah mobil dipercepat ke kanan, dan geraknya juga ke kanan. Saat percepatan dan arah gerak searah maka benda akan dipercepat. Entah dia ke kanan atau ke kiri
Gambar 1.1. Perbedaan GLBB dan GLB pada Diagram Gerak
Sebuah mobil dipercepat ke kanan, dan geraknya juga ke kanan. Saat percepatan dan arah gerak searah maka benda akan dipercepat. Entah dia ke kanan atau ke kiri
-klik gambar untuk melihat lebih baik-


Kita sepakati pada permulaan pembahasan bahwa negatif atau positifnya suatu partikel gerak mengikuti aturan sistem koordinat. Partikel gerak bernilai positif jika partikel bergerak ke kanan atau ke atas. Partikel gerak bernilai negatif jika  partikel bergerak ke kiri dan bawah. Gerak lurus tidak hanya ke samping, bukan?


Pada awalnya, tanda positif dan negatif tidak diikut sertakan dalam perhitungan vektor. Tetapi, setelah kita mempelajari perkalian silang dan perkalian titik, tanda menjadi hal yang penting dalam perhitungan.






GRAFIK DAN PERSAMAAN (RUMUS) GLB



Persamaan (rumus) yang dapat kita temukan dalam grafik GLB adalah sederhana karena tidak ada percepatan di dalamnya. x = v.t atau posisi adalah kecepatan dikali waktu tempuh. Kita tidak perlu gelisah atau bingung. Beberapa buku akan menulis x atau posisi, s atau jarak. Hal ini sedikit aneh dan formalitas belaka.

Grafik Posisi-Waktu pada GLB, Kecepatan-Waktu pada GLB, Persamaan (Rumus) Perpindahan, dan Kecepatan pada GLB
Gambar 1.2. Grafik Posisi-Waktu pada GLB, Kecepatan-Waktu pada GLB, Persamaan (Rumus) Perpindahan, dan Kecepatan pada GLB
Keterangan : x = posisi atau bisa juga perpindahan; v = kecepatan; a = percepatan; t = waktu
-klik gambar untuk melihat lebih baik- 


Pada kenyataannya, partikel gerak tidak tiba-tiba memiliki kecepatan yang konstan pada posisi nol meter, bukan? Sedikit contoh partikel gerak yang langsung memiliki kecepatan konstan. Beberapa contohnya adalah fenomena yang dikondisikan seperti peluru yang dihitung mulai saat keluar dari laras atau mobil Tamiya yang dihidupkan dan diangkat sebelum diluncurkan.


Catatan penting dalam grafik! Kita tidak perlu terpaku bahwa grafik harus dari nol atau pusat koordninat. Hal ini bergantung pada kondisi yang kita gambarkan dalam grafik.


Baca selanjutnya : 
Gerak Satu Dimensi ǀ Gerak Lurus berubah Beraturan (GLBB) Horisontal & Penurunan Persamaan GLBB
9 Langkah Membuat Grafik pada Besaran Fisika


Salah satu contoh gerak satu dimensi adalah gerak lurus beraturan (GLB). Pengertian GLB adalah ia bergerak dengan kecepatan konstan, jika kita mengganti istilahnya menjadi kelajuan konstan akan beda ceritanya, kita akan bahas ini pada bab gerak melingkar. Ketuk tab "content" untuk melihat keseluruhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel