Gelombang Mekanik (Transversal dan Longitudinal) ǀ Pengertian, Contoh, Analisis Gambar, dan Penerapannya

 

Apa itu geombang mekanik? Berikut pengertian gelombang mekanik, hubungannya dengan getaran, jenis gelombang mekanik (transversal dan longitudinal), dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Getaran sendiri adalah gerak bolak-balik melalui titik setimbang. Ketika getaran tersebut bergerak merambat, kita akan mendapati sebuah gelombang berjalan. Salah satu jenis gelombang yang membutuhkan medium untuk merambat adalah gelombang mekanik.

 

Baca sebelumnya : Energi Potensial, Kinetik, Mekanik Bandul dan Pegas ǀ Pengertian, Persamaan (Rumus), & Analisis Gambar

 

GELOMBANG MEKANIK

 

Gelombang mekanik adalah salah satu jenis gelombang yang membutuhkan medium untuk ia merambat. Energi dari pusat getaran ditransfer ke medium yang menjadi medium rambatnya. Contoh gelombang mekanik adalah gelombang tali, gelombang bunyi, gelombang air.

 

Sebuah bola berada di pinggiran kolam. Kita memberi gangguan pada tengah kolam sebagai pusat getaran. Akibatnya, muncul gelombang air yang melingkar dan merambat sampai ke pinggiran kolam.

 

Gelombang air ini membuat bola bergerak naik dan turun. Tepat, bola hanya naik dan turun tanpa bergeser sedikit-pun dari tempatnya. Inilah yang disebut dengan perpindahan energi pada jarak tertentu tanpa memerlukan perpindahan materi.

 

Jadi, syarat terjadinya gelombang mekanik, yaitu : 1) gangguan (pusat getaran), 2) medium rambat, 3) hubungan antar medium yang dapat saling mempengaruhi

 

GELOMBANG TRANSVERSAL DAN GELOMBANG LONGITUDINAL

 

Gelombang transversal adalah gelombang yang merambat pada suatu medium yang mengakibatkan gerak partikelnya tegak lurus terhadap arah rambatnya. Salah satu contoh gelombang transversal adalah gelombang tali, dawai, air (dengan catatan).

 

Partikel medium yang dilewati gelombang transversal hanya akan bergerak naik-turun, sedangkan gelombangnya tentu merambat ke suatu arah tertentu. Kita menyebutnya gerak partikel tegak lurus arah rambat.

 

Gelombang longitudinal adalah gelombang yang merambat pada suatu medium yang mengakibatkan gerak partikelnya sejajar terhadap arah rambatnya. Salah satu contoh gelombang longitudinal adalah bunyi, air (dengan catatan)

 

Partikel medium yang dilewati gelombang longitudinal akan bergerak kanan-kiri, sedangkan gelombangnya merambat ke suatu arah tertentu. Kita menyebutnya gerak partikel sejajar arah rambat.

 

Gelombang Mekanik terdiri dari Gelombang Longitudinal & Gelombang Transversal
Gambar 1.1. Gelombang Mekanik terdiri dari Gelombang Longitudinal & Gelombang Transversal
-klik untuk melihat lebih baik-

Ingat! 1 gelombang penuh atau 1 lamda (λ) gelombang transversal = 1 bukit + 1 lembah. Gelombang longitudinal = 1 renggangan + 1 rapatan.

 

GELOMBANG AIR SEBENARNYA GABUNGAN GELOMBANG TRANSVERSAL DAN LONGITUDINAL

 

Jika kita memperhatikan gerak partikel air danau yang diberi gangguan, maka geraknya akan melingkar-lingkar. Gerak melingkar ini tentu adalah kombinasi antara gerak naik-turun dan kanan-kiri. Sehingga, gelombang air khususnya yang dalam adalah gabungan dari gelombang transversal dan longitudinal


GEMPA BUMI TERMASUK GELOMBANG LONGITUDINAL ATAU TRANSVERSAL?

 

Gempa bumi jelas termasuk gelombang mekanik karena ia merambat pada sebuah medium sehingga kita dapat merakannya. Pusat gangguan (episentrum) gempa akan merambat pada medium di sekitarnya, bisa tanah atau laut (air).

 

Gempa bumi sendiri adalah gabungan dari gelombang transversal dan longitudinal. Mulanya, seismograf (sensor gempa) akan menangkap gelombang longitudinal yang sampai lebih dahulu. Gelombang ini belum mengakibatkan kerusakan di permukaan bumi.

 

Beberapa saat setelahnya, gelombang transversal datang dengan gerak partikel yang tegak lurus arah rambat. Hal ini mengakibatkan kerusakan pada permukaan bumi. Ia lebih lampat karena kerusakan yan diakibatkannya juga lebih besar. Ini hanyalah gambaran sederana tentang gempa bumi

 

Baca selanjutnya : Besaran Gelombang Mekanik ǀ Panjang Gelombang, Cepat Rambat, Periode, Frekuensi Sudut dan lainnya

 

KESIMPULAN

 

Gelombang mekanik selalu membutuhkan medium untuk merambat, taka da medium maka tak dapat merambat. Jenis gelombang mekanik adalah gelombang transversal dan longitudinal. Beberapa gelombang juga merupakan kolaborasi antara gelombang transversal dan longitudinal. Itulah penjelasan terkait pengertian, analisis gambar, contoh gelombang mekanik pada kehidupan sehari-hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel