Materi dan Model pada Fisika ǀ Fisika Hanya Model dan Perkembangan Konsep Atom

Fisika terdiri dari beberapa pembahasan materi dari berbagai cabang ilmu yang ada di dalamnya, dimana beberapa konsep di dalamnya hanyalah sebuah model. Apakah itu model yang dimaksud? Ia adalah konsep perkiraan bentuk. Tentu ilmuwan tidak pernah benar-benar melihat elektron tetapi dapat menganalisa sifat dan karakteristiknya. Sehingga, salah satu contoh model ini adalah perkembangan konsep atom pada fisika


Ahli fisika kerap membayangkan model sistem fisika yang berkaitan dengan fenomena yang terjadi. Dalam konteks ini, model adalah suatu komponen fisik sebuah sistem seperti halnya elektron dan proton.



PERKEMBANGAN KONSEP SUBSTANSI MIKROSKOPIS (ATOM)



  • Dua ahli filsafat Yunani, yaitu Leucippus dan muridnya Democritus, berspekulasi bahwa proses pembelahan akan terhenti saat hasilnya berupa partikel yang tidak dapat dibelah lagi. Dalam bahasa Yunani, atomos berarti “tidak dapat dibelah”. Dari sinilah kata atom dalam bahasa Inggris berasal.

  • Pada tahun 1897, J. J. Thomson mengidentifikasi elektron sebagai partikel bermuatan listrik dan pembentuk atom. Penemuan Thomson ini menjadi model pertama yang menggambarkan struktur di dalam atom.

  • Pada tahun 1911, diikuti oleh model yang menyatakan bahwa setiap atom tersusun atas elektron-elektron yang mengelilingi nukleus. Sehingga, hal ini memunculkan pertanyaan. Apakah nukleus memiliki struktur?

  • Pada tahun 1930-an, model dikembangkan untuk memahami perilaku nukleus. Para ahli menentukan bahwa nukleus terdiri dari proton dan neutron. Proton mengandung muatan listrik positif (menentukan jenis unsur kimianya). Jumlah ini disebut nomor atom. Jumlah proton dan neutron dalam nukelus adalah nomor massa. Nomor atom tetap tetapi nomor massa beragam karena jumlah neutron beragam.


  • Para tahun 1932, neutron dibuktikan keberadaannya. Neutron tidak memiliki muatan listrik dan massanya setara dengan massa proton. Salah satu fungsi neutron adalah merekatkan nukleus. Bila neutron tidak ada dalam nukleus, maka gaya tolak-menolak antarmuatan positif partikel akan menyebabkan nukleus terpecah-belah.


Kita memahami bahwa konsep perkembangan atom ini adalah salah satu contoh pemodelan (konsep model) yang dikembangkan dengan perkiraan berdasarkan percobaan yang dilakukan. Kesimpulannya adalah materi dalam fisika beberapa terdiri dari konsep model atau abstrak dan konsep nyata atau fisik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel